PP No. 48 th 2013 tentang Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan

Pada tanggal 20 Juni 2013 yang lalu, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, telah menandatangi Peraturan Pemerintah yang isinya mengatur tentang Pemberian  Gaji ke-13 bagi PNS dan Pensiunan tahun Anggaran 2013,  yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 48 tahun 2013.

Dengan diterbitkannya peraturan tentang Pemberian Gaji ke-13 ini barangkali bisa menepis keraguan dari sebagian pihak yang selama ini mempertanyakan keberadaannya. Menurut peraturan ini, besarnya gaji ketigabelas yang diterima para PNS dan Pensiunan yaitu sebesar gaji yang diterima pada bulan Juni 2013. Bagi guru, besarnya gaji ketigabelas ini tidak termasuk Tunjangan Profesi/Tunjangan Khusus Guru/Tunjangan Tambahan Penghasilan (Pasal 3 ayat 4). Disebutkan pula bahwa  pemberian Gaji ke-13 ini dibayarkan pada bulan Juni 2013. Tetapi berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, pada umumnya cenderung dicairkan pada bulan berikutnya (bahkan berdasarkan info yang tersebar di dunia maya, ternyata di beberapa tempat sudah ada yang dicairkan tepat pada bulan Juni  sekarang).

Bagi saya (dan mungkin juga Anda), pemberian Gaji ke-13 tahun 2013 ini tentu  sangat bermakna, mengingat pada bulan Juni-Juli 2013 ini kita sedang berhadapan dengan tekanan kenaikan harga aneka barang dan jasa yang luar biasa, sebagai dampak dari kenaikan BBM. Selain itu, kita juga sebentar lagi akan berhadapan dengan bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1434 H, yang biasanya ditandai dengan semakin meningkatnya pengeluaran. Secara khusus dan lebih utama, pada bulan Juli 2013 ini, para orang tua mungkin sedang berhadapan dengan tanggung jawab yang tidak ringan yaitu berkaitan dengan kepentingan kelanjutan studi (pendidikan) putera-puterinya, baik yang akan melanjutkan maupun sedang sekolah/kuliah. Pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jadi, tidak menutup kemungkinan bagi sebagian orang, Gaji ke-13 ini tampaknya hanya akan “parkir sementara” untuk kemudian sesegera mungkin dikeluarkan kembali, guna menutupi berbagai kebutuhan pendidikan anak.

Anda ingin mengetahui isi Peraturan Pemerintah (PP) No. 48 tahun 2013 ini? Silahkan klik tautan di bawah ini:

PP No. 48 tahun 2013 tentang Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan

(sumber:www.seputar-kppn.com)

Materi terkait:
Tahun Pelajaran Baru

Pada umumnya, di Indonesia bulan Juli adalah bulan dimulainya tahun pelajaran baru. Jutaan anak muda kita, mulai dari SD hingga SLTA, bahkan Perguruan Tinggi pada bulan ini memasuki…Baca selengkapnya »

Seragam Sekolah

Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing dalam menentukan kewajiban mengenakan seragam bagi para siswa, khususnya pada siswa sekolah dasar dan menengah ..… Baca selengkapnya »

Kantin Sekolah

Kantin sekolah adalah suatu ruang atau bangunan yang berada di sekolah maupun perguruan tinggi, di mana menyediakan makanan pilihan/sehat untuk siswa yang dilayani oleh petugas kantin.  …Baca selengkapnya »

Biaya  Pendidikan

Secara umum, pembiayaan pendidikan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu; (1) biaya rutin (recurring cost) dan biaya modal (capital cost). Recurring cost pada intinya mencakup keseluruhan  …Baca selengkapnya »

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
20 comments on “PP No. 48 th 2013 tentang Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan
  1. zp84max mengatakan:

    Reblogged this on gizimax.

  2. diana kusumaningrum mengatakan:

    suami saya guru sampai hari ini TPP gak keluar, rapelan gaji gak keluar apalagi gaji ke 13 blas

  3. naneyan mengatakan:

    Reblogged this on Naneyan's Blog.

  4. Jonsen Efendi Rambe mengatakan:

    Terima kasih Pak Ahmad Sudrajad informasinya.

  5. anonymous mengatakan:

    Tks atas infonya namun saya masih prihatin terhadap kebijakan di beberapa daerah dimana pemerintahnya belum mengedepankan kesejahteraan pegawainya dengan menunda pembayaran termasuk gaji pegawainya bahkan tidak membayarkan yg sudah jelas2 itu adalah hak pegawainya seperti tunjangan sertifikasi guru. Semoga tulisan bapak dapat menggugah perasaan para pengambil keputusan dan berniat untuk melaksanakan kewajibannya sebaik-baiknya. SEMOGA

  6. Ika Kartika mengatakan:

    Alhamdulillah…..Hatur nuhun informasina Kang…Mhn gaji Ke-13 teh diantos2 pisan..teru
    tami kangge biaya pendidikan murangkalih…Mugia urang tiasa ngamanfaatkeunana..sareng enggal2 terealisasi…Aamiin

  7. YEKTI HANDAYANI mengatakan:

    Terimakasih atas infonya. ANDA adalah sosok ilmuwan yang amaliah .Semangat !!!!!

  8. Ihal mengatakan:

    Hehehe…, leres pisan, Pak.
    Terima kasih infona & mohon izin utk dishare ke teman-teman.
    Pak, mohon sarannya; bagaimana mengupload file di blog seperti yg Bpk lakukan?
    Kalo Bpk ada panduannya, mangga di antos lewat email saja.
    Hatur nuhun.

  9. smartfaiz mengatakan:

    Laik disss :)

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s