PP No. 32/2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan

Pada tanggal 7 Mei 2013 lalu, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, telah menandatangani sebuah peraturan baru yaitu  Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Berdasarkan konsideran dalam peraturan ini, perubahan peraturan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu diselaraskan dengan dinamika perkembangan masyarakat, lokal, nasional, dan global guna mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, serta perlunya komitmen nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa.

Setelah mencermati isi PP No. 32 Tahun 2013 ini, saya melihat perubahan-perubahan yang dilakukan tampaknya lebih cenderung berkaitan dengan pasal-pasal yang berhubungan dengan kurikulum dan key area pembelajaran (standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian). Hal ini tampak jelas dengan disisipkannya BAB XIA  yang secara khusus berisi pasal-pasal yang mengatur tentang KURIKULUM. Beberapa pasal dalam PP No. 19 tahun 2005 yang dihapus pun tampak lebih menggambarkan konsekuensi dari isi pasal-pasal yang dituangkan dalam BAB XIA ini.

Sementara untuk pasal yang berkaitan dengan standar pendidik dan tenaga kependidikan,  standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan secara esensial tampaknya tidak banyak perubahan yang signifikan.

Barangkali tidak terlalu keliru jika saya berpendapat  bahwa lahirnya peraturan pemerintah ini, salah satunya dilatari oleh semangat untuk mengganti kurikulum yang berlaku saat ini dengan tetap melanjutkan ujian nasional, kecuali  untuk tingkat SD/MI, SDLB.  (mohon koreksi kalau saya keliru)

Bagaimana pendapat Anda?

Jika Anda ingin mengetahui isi PP No. 32 Tahun 2013 ini, silahkan klik tautan di bawah ini:

Peraturan Pemerintah  No. 32 Th 2013

[adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam KURIKULUM 2013, MANAJEMEN PENDIDIKAN
41 comments on “PP No. 32/2013 tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan
  1. widy mengatakan:

    MENCARI DASAR HUKUM UNTUK KERJA BESAR (PROYEK ?) MERUBAH KURIKULUM. TETAPI UNTUK INDONESIA LEBIH BAIK, LEBIH MAJU DAN INSYA ALLAH LEBIH SEJAHTERA, AMIN.

  2. masbud mengatakan:

    iya betul pak,,,SD n sderajt ky nya tdk ada UN…nant

  3. budies mengatakan:

    tadi kami juga baru saja mendapat sosialisasi sekilas ttg pp 32 ini, dan sepertinya benar pak, bahwa yang direvisi hanya 4 SNP saja

  4. Idaharyani, S.Pd, M.Pd mengatakan:

    Thanks pak, saya akan pelajari dulu

  5. Emy Fauziah SPd mengatakan:

    assalamualaikum, tlisan bpk bnyak bermanfaat untuk sy khususnya dan teman2 guru Bk di smkn1 jombang. mohon bapak tdk bosan2 mengirim tulisan di email sy. tq

  6. fatkhur mengatakan:

    Mengomentari PP 32 berkaitan dengan Ujian Nasional tingkat SMA, Mapel Bahasa Inggris masih dimasukkan dalam mapel UN, padahal dalam kurikulum 2013, di SMA hanya dialokasikan 2 jam pelajaran per minggu. Mungkinkah mapel UN hanya dapat 2 jam per minggu?

  7. marhen mengatakan:

    terimakasih pak Akhmad

  8. JAWAD BAHONAR mengatakan:

    Reblogged this on JAWAD BAHONAR and commented:
    Info baru…

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.053 pengikut lainnya.