Manfaat Blog bagi Saya sebagai Pendidik

Tanggal 14 April merupakan tanggal yang bersejarah dan memiliki arti penting bagi perjalanan blog pendidikan ini. Enam tahun yang lalu, tepatnya tanggal 14 April 2007, blog pendidikan ini pertama kali diluncurkan untuk ikut meramaikan dunia blogging di negeri ini. Pada tahun 2007 inilah boleh dikatakan sebagai masa honey moon saya dengan blog ini. Pada waktu itu pengetahuan saya tentang seluk beluk blogging masih sangat terbatas, sehingga terjadi “kecelakaan kecil tetapi cukup mendasar”, dimana hampir seluruh tulisan yang ditampilkan di blog ini dibuat dalam format halaman. Tentu ini merupakan hal yang tidak lazim dalam sebuah blog.

Pada awal tahun 2008, saya memutuskan untuk memindahkan seluruh tulisan yang ada ke dalam format post, dan hanya menyisakan beberapa halaman yang diperlukan, seperti tampak dalam layar monitor Anda sekarang ini.  Jadi,  jangan heran meski blog ini dibuat sejak tahun 2007, tetapi Anda tidak akan menemukan postingan edisi tahun 2007.

Menapaki perjalanan selanjutnya, intensitas dan frekuensi ngeblog saya mulai mengendur, walaupun demikian saya masih tetap berusaha untuk menghadirkan tulisan, minimal satu tulisan dalam satu minggu. Pada tahun 2012, karena faktor gangguan kesehatan dan juga mungkin usia, saya mengalami  kejenuhan yang luar biasa sehingga selama tahun 2012 lalu,  saya hanya mampu menampilkan beberapa tulisan saja. Kendati demikian, pada tahun 2012 ini blog “tentang Pendidikan” ini masih sempat diapresiasi sebagai 15 Finalis Guraru Award 2012

Memasuki tahun ketujuh ini, saya berharap semoga saya masih diberi kekuatan untuk terus melanjutkan mengelola blog pendidikan ini agar saya bisa terus belajar untuk mengikuti perkembangan ledakan pengetahuan yang demikian dahsyat. Apalagi pada tahun 2013 diperkirakan akan banyak perubahan-perubahan dalam pendidikan kita, khususnya terkait dengan impelementasi Kurikulum 2013 dan Penilaian Kinerja Guru, pasti banyak hal yang harus dipelajari.

Untuk melihat perjalanan blog ini, Anda bisa melacaknya melalui tautan ini:  Arsip Perjalanan  Blog tentang Pendidikan.  Silahkan klik moment-moment perubahan blog ini sesuai dengan tanggal kalender yang diberi tanda lingkaran warna biru muda, dan Anda bisa melihat bagaimana perubahan wajah blog ini dari waktu ke waktu.

Selama mengelola blog pendidikan ini, banyak hal yang telah saya alami dan tidak sedikit pula manfaat yang  saya peroleh, diantaranya:

  1. Menjadi Pemateri Workshop di KPS Balikpapan Blog ini telah menjadi semacam “alat bantu” dalam menjalankan tugas-tugas keseharian saya, baik kapasitas saya sebagai pengawas sekolah di Disdikpora Kabupaten Kuningan maupun sebagai pengajar di Universitas Kuningan. Sebagai pengawas sekolah, saya memiliki tugas dan kewajiban untuk mendampingi teman-teman guru dan kepala sekolah dan mereka mengundang saya untuk menjadi pemateri dalam kegiatan MGBK/MGMP atau workshop di sekolah-sekolah binaan. Sebagai pengajar, saya harus hadir di kelas untuk menyampaikan materi perkuliahan. Dalam hal ini, saya tak perlu sulit-sulit untuk mencari sumber materi yang diperlukan. Kadang cukup berbekal modem atau fasilitas Wifi yang ada, materi bisa  diakses langsung dari blog ini. Begitu juga, ketika saya mendapat tugas-tugas khusus. Misalnya, ketika saya diundang menjadi  pemateri dalam suatu kegiatan workshop ataupun seminar tertentu di dalam maupun luar kota. Bahkan, beberapa diantaranya mengundang saya justru dalam kapasitas sebagai pengelola blog pendidikan ini.
  2. Hasil UKG Akhmad SudrajatDengan mengelola blog ini, secara langsung ataupun tidak langsung telah membantu memelihara pikiran dan keyakinan saya tentang dunia pendidikan. Bisa saya bayangkan, andaikan tidak nge-blog seperti sekarang ini, mungkin pikiran dan keyakinan saya hanya akan berkutat dan berhenti di satu titik tertentu. Alhamdulillah, ketika saya diwajibkan untuk mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) pada tahun 2012, meski sempat terkendala oleh faktor teknis, hasilnya ternyata tidak terlalu mengecewakan, karena hampir sebagian besar materi UKG tampaknya sudah tersedia dalam blog ini.
  3. Pada tahun 2011 yang lalu, saya kedatangan Pimpinan Paramitra Publishing – Yogyakarta, meminta saya untuk menulis yang lebih serius dalam bentuk buku yang diterbitkan secara nasional [Buku Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan Konseling Indivdual dan Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru]. Buku ini merupakan kompilasi dan elaborasi dari beberapa tulisan yang disajikan dalam blog ini.
  4. Secara sosial, melalui nge-blog ini saya bisa bersiturahmi dan berbagi secara online dengan Anda yang mungkin berasal dari seluruh pelosok negeri ini. Walaupun saya termasuk admin yang jarang membalas komentar-komentar Anda (kecuali jika ada hal-hal khusus), tapi percayalah setiap komentar Anda, saya tetap berusaha memperhatikan dan merefleksinya. Sesungguhnya, dalam hati kecil saya tersimpan keinginan untuk bisa bertemu langsung dengan beberapa teman yang selama ini aktif berinteraksi di tempat ini. Entah kapan dan dimana, saya yakin jika Tuhan mengijinkan, pasti kita bisa bertemu. Amin.

Berawal dari  menulis yang hanya sekedar iseng-iseng, akhirnya bisa mengantarkan saya untuk melakukan hal yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya. Apa yang disajikan dalam blog ini sebenarnya lebih diutamakan untuk kepentingan belajar diri saya sendiri. Kalaupun ada di antara Anda yang sama-sama bisa mengambil manfaat dan hikmah belajar dari apa yang tersaji dalam blog ini, barangkali itu hanya efek samping yang tidak disengaja dan tentunya menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya.

Salam dan sukses untuk Anda semua….

[adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam BERITA DAN OPINI
42 comments on “Manfaat Blog bagi Saya sebagai Pendidik
  1. Drs.Adhi Kasnari,M.Pd. mengatakan:

    adhi kasnari,berkata :
    Selamat ultah ke-6 Blog yang Bapak kelola semoga memberikan motivasi dan inspirasi kepada
    semua guru. Kami bangga bisa berkomunikasi dengan Bp.Achmad Sudrajat walau sementara
    lewat internet. Kami selalu menunggu tulisan-tulisan Bapak yang menjadi pelita bagi guru seperti
    kami,senang dengan informasi pendidikan kekinian seiring kebijakan yang selalu berubah menuju
    kemajuan Pendidikan berkualitas.

  2. Sofyan Usman mengatakan:

    Trus terang pak, dengan hadirnya blog pendidikan ini kami semua termasuk saya yang ada di daerah terpencil di Gorontalo yang hanya mengandalkan antrian di warnet sangat amat terbantu dengan tulisan bapak, setiap kali sya berkunjung ke warnet tak pernah sekalipun untuk tidak membaca atau mendownload tulisan /artikel yang bapak tampilkan, karena saya juga selalu diminta teman2 guru dan kepala sekolah untuk memberikan materi pada KKG/KKKS di wilayah binaan saya, Jadi sya benar2 terbantu dgn blog ini. trima kasih bapak, teruslah menulis smoga amal bapak beroleh berkah dan smoga bapak slalu dlm keadaan sehat, Aminnnnnnnnn !

  3. Juhana mengatakan:

    berbagai gagasan dan pikiran bapak tentang segala hal yang berkaitan dengan pendidikan dalam blog bapak ini, telah banyak memberikan inspirasi dan pencerahan…, jangan pernah berhenti menulis pak…

  4. Ihal mengatakan:

    Selamat ulang tahunyang ke-6 buat Blog Pendidikan; khususnya kepada Bapak Akhmad Sudrajat yang selalu berbagi ilmu tentang kependidikan.
    Saya sangat apresiatif terhadap blog Bapak dan jadi inspirasi bagi saya untuk belajar khususnya dalam mengelola blog; walau blog yang saya miliki hanya sebatas untuk keperluan mendukung kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan dengan peserta didik saya.
    Mohon bimbingan & masukannya Pak. Blog saya: iyank71.blogspot.com

  5. Hafid Junaidi mengatakan:

    Ternyata hampir sama umurnya dengan blog saya pak. Mungkin krn waktu itu lagi booming blog

  6. Yeyet Daryati mengatakan:

    Pa AKhmad yang terhormat, saya sangat berterimakasih sekali, dengan adanya blog dari Bapak saya sangat terbantu dalam mengakses hal-hal yang baru tentang pendidikan. Selamat ya Pa, saya berharap bapak tidak berhenti berkarya… banyak orang yang menunggu

  7. MUH. THAMRIN mengatakan:

    Selamat ulang tahun blog pendidikan yang cakep, Semoga di ulang tahun yang ke-6 blog ini semakin gagah, berani, tekun, ulet, berjiwa patriot, pantang menyerah, cinta tanah air, semakin pancasilais, agamis, dan seribu satu macam karakter lainnya yang pantas ditularkan kepada para pembaca setia blog ini. Sekali layar terkembang pantang biduk surut ke pantai. Berkibarlah terus, sampai dunia terpokar-pokar. Merdeka…!!!

  8. Levi Yamani mengatakan:

    SAngat mencerahkan mas, Lanjutkan!!!

  9. suaidin mengatakan:

    Alhamdluillah Blog bapak telah memberi isnpirasi luar bisa kepada jutaan orang yang menari informasi pendidikan termasuk saya bisa mengembangkan diri dan membantu orang lain dalam dunia pendidikan sampai saya menulis dalam bentuk ” Curahan hati ” saya ” Sukses Berkat Dunia Maya ” Terima Kasih “. guru ku Pak Akhmad Sudrajat “.

  10. muntiah affan mengatakan:

    Selamat ulang tahun yang ke 6 untuk blog pendidikan. Semoga selalu jaya dan banyak manfaatnya bagi kita semua. Satu hal lagi semoga panjang umur dan bergairah selalu tulisannya. Buat Pak Ahmad Sudrajat keren abis selalu! Tulisannya oke, pak! Semoga aku bisa mencontohnya. Amiiin!

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.053 pengikut lainnya.