Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Meski tidak lagi direpotkan membuat silabus sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang guru tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah (kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.

Sementara untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan Harian) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.

Yang membuat penasaran dan mungkin sering menggoda fikiran kita, kira-kira seperti apakah RPP yang sejalan dengan semangat dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dikehendaki oleh Kurikulum 2013?  Saya beruntung menemukan sebuah model RPP yang bisa kita jadikan referensi. Model ini saya peroleh dari komunitas FaceBook Ikatan Guru Indonesia, hasil Seminar Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Surabaya, 17 Maret 2013.

Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya melihat ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:

  • Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
  • Nilai-nilai dalam pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
  • Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).

=======

Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP tersebut? Silahkan klik tautan di bawah ini:

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Catatan:

Meski model RPP ini untuk kepentingan pembelajaran IPA di SMP,  tetapi saya melihat esensi tentang sistematika penyusunannya (bukan substansi dan sasaran kelasnya) sangat mungkin untuk diadaptasi dalam pembelajaran lainnya. Silahkan telaah lebih lanjut dan mari kita diskusikan dalam forum komentar di bawah ini untuk menyempurnakan dan melengkapinya!

Update:
Informasi seputar Kurikulum 2013, bisa dilihat dan diunduh melalui tautan di bawah ini:

Materi terkait:
Konsep Pengembangan Bahan Ajar

Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan,… Baca selengkapnya »

Apa Tujuan Pembelajaran itu?

Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas penting guru dalam memproses pembelajaran siswa.… Baca selengkapnya »

Persiapan Mengajar

Persiapan mengajar pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau …Baca selengkapnya »

Konsep Sumber Belajar

Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang.… Baca selengkapnya »

Kurikulum dan Guru dalam Pendidikan

Kurikulum disebut-sebut sebagai inti pendidikan dan menjadi ciri utama sekolah sebagai institusi yang bergerak dalam pelayanan . … Baca selengkapnya »

Pembelajaran Inkuiri

Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh .… Baca selengkapnya »

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam KURIKULUM 2013, PEMBELAJARAN
130 comments on “Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013
  1. elysuheliely suheli mengatakan:

    terima kasih aertikelnya, sangat bermanfaat bagi saya

  2. elysuheliely suheli mengatakan:

    terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat bagi saya

  3. Herman Birje mengatakan:

    Thanks Pak Ahmad, Atas postingan RPP Kurikulum 2013 yang Bapak buat….

  4. dani maly mengatakan:

    kalau bisa kurikulum di mengalami perubahan harus sesuai kondisi sekolah tertentu

  5. siti istiqomah mengatakan:

    saya masih bingung dalam penyusunan dokumen kurikulum 2013.apakah dijadikan satu dengan kurikulum untuk kelas viii dan ix karena setahu saya kurikulum 2013 baru akan diterapkan kepada siswa kelas vii?

  6. AyiSaehudin,SPd mengatakan:

    saya juga ingin bergabung pak

  7. hani mengatakan:

    Assalamu’alaikum wr.wb. Bapak Akhmad Sudrajad yth. saya mohon penjelasan artikel / tata letak BK dalam struktur organisasi sekolah, karena masih banyak sekolah/kepala sekolah/ guru mapel/guru BK sendiri yang menanyakan dimanakah letak/ posisi BK dalam struktur sekolah , kalau itu di buat struktur organisasi dimana letak dan posisinya karena kebanyakan BK masih dianggap di bawah komando Wakil kepala dibidang Kesiswaan, padahal tidak hanya urusan yang menjadi ranah kesiswaan saja BK bekerja / melayani ,tetapi BK kan punya 4 bimbingan yang yergabung dalam pola 17 BK kebetulan dalam PKG untuk BK juga terdiri dari 17 kompetensi. kalau itu menjadi kebijakan kepala sekolah itu seperti itu akan mengembalikan image BK sebagai POLISI SEKOLAH. kasiahan amat pakar-pakar BK kita. sekali-kali ketika ada pembekalan kepala sekolah diberi materi TUPOKSI BK . agar beliau faham.Wassalam WrWb.

  8. Jokos mengatakan:

    Satu lagi. Beberapa kali kami diskusi dengan teman-teman guru tentang penempatan urutan penulisan “Sumber / Alat Pembelajaran”. Biasanya di tulis setelah kegiatan pembelajaran, mungkin dimaksud sebagai semacam daftar pustaka?…. Kami tidak sependapat dengan kebiasaan tersebut (meskipun mungkin tidak terlalu penting). Kami setuju dengan contoh RPP ini. “Alat/ sumber pembelajaran” diletakkan sebelum kegiatan pembelajaran, hal ini mengandung maksud sebelum melakukan kegiatan pembelajaran guru harus terlebih dahulu menyiapkan alat/ sumber pembelajarannya sesuai dengan yang tertulis dalam RPP.

  9. Jokos mengatakan:

    Tentang redaksi (kalimat awal) pada tujuan pembelajaran. Pada redaksi tujuan pembelajaran sekaligus menggambarkan proses dan hasilnya, tidak hanya hasilnya saja. Dengan begitu sudah ada arah “dengan cara bagaimana materi tersebut akan disampaikan” dan bagaian mana yang paling penting untuk dikuasai siswa serta dievaluasi keberhasilan pembelajarannya. Model demikian sudah dikenalkan pada beberapa contoh penulisan tujuan pembelajaran. Dan sesuai dengan tuntutan pada indikator penilaian kinerja guru (PKG), pada dimensi I (Perencanaan Pembelajaran)

  10. Abdul R Hakim mengatakan:

    Thanks pak akhmad…. setidaknya saya sudah punya gambaran tentang RPP kurikulum 2013…

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.446 pengikut lainnya.