Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Meski tidak lagi direpotkan membuat silabus sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang guru tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah (kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.

Sementara untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan Harian) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.

Yang membuat penasaran dan mungkin sering menggoda fikiran kita, kira-kira seperti apakah RPP yang sejalan dengan semangat dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dikehendaki oleh Kurikulum 2013?  Saya beruntung menemukan sebuah model RPP yang bisa kita jadikan referensi. Model ini saya peroleh dari komunitas FaceBook Ikatan Guru Indonesia, hasil Seminar Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Surabaya, 17 Maret 2013.

Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya melihat ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:

  • Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
  • Nilai-nilai dalam pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
  • Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).

=======

Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP tersebut? Silahkan klik tautan di bawah ini:

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Catatan:

Meski model RPP ini untuk kepentingan pembelajaran IPA di SMP,  tetapi saya melihat esensi tentang sistematika penyusunannya (bukan substansi dan sasaran kelasnya) sangat mungkin untuk diadaptasi dalam pembelajaran lainnya. Silahkan telaah lebih lanjut dan mari kita diskusikan dalam forum komentar di bawah ini untuk menyempurnakan dan melengkapinya!

Update:
Informasi seputar Kurikulum 2013, bisa dilihat dan diunduh melalui tautan di bawah ini:

Materi terkait:
Konsep Pengembangan Bahan Ajar

Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan,… Baca selengkapnya »

Apa Tujuan Pembelajaran itu?

Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas penting guru dalam memproses pembelajaran siswa.… Baca selengkapnya »

Persiapan Mengajar

Persiapan mengajar pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau …Baca selengkapnya »

Konsep Sumber Belajar

Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang.… Baca selengkapnya »

Kurikulum dan Guru dalam Pendidikan

Kurikulum disebut-sebut sebagai inti pendidikan dan menjadi ciri utama sekolah sebagai institusi yang bergerak dalam pelayanan . … Baca selengkapnya »

Pembelajaran Inkuiri

Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh .… Baca selengkapnya »

[adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam KURIKULUM 2013, PEMBELAJARAN
131 comments on “Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013
  1. Taqorrub mengatakan:

    Thanks pak atas informasinya, saya akan mempelajari silabus dan rpp kurikulum 2013 :)

  2. S.chandra mengatakan:

    Trima kasih kiriman emailnya pak..

  3. Djoko Pramono mengatakan:

    terima kasih atas informasinya

  4. sri wahyuni mengatakan:

    Terima kasih model RPPnya
    Mudah-mudahan sambil menanti selesainya kelengkapan pendukung kurikulum 2013, guru kelas VII mendalami karakteristik kurikulum tersebut, sehingga model RPP yang dibuat lebih efektif.

  5. zahra ali mengatakan:

    TERIMA KASIH. SANGAT BERMANFAAT. SUKSES SELALU

    ________________________________

  6. SUPRIJADI mengatakan:

    Bapak apakah tidak keliru dalam mengadaptasi Silabus dan RPP, karena kurikulum 2013 itu mulai diberlakukan bagi siswa yang ada di klas VII, mudah-2an guru kita siap dalam menghadapi berlakukanya kurikulum 2013. Jangan sampai seperti adanya PP 16/2009 yang mestinya diberlakukan per 1 Januari 2013 akan tetapi pemerintah masih setengah hati untuk memberlakukanya dimana masih ada dualisme tentang format yang dipergunakan penilaian, sehingga kami yang ada didaerah dibuat binggung. Hal ini jangan sampai terjadi untuk kurikulum 2013

    Yang saya tampilkan disini adalah model kerangka penyusunannya, bukan substansi maupun sasarannya, hanya untuk kepentingan antisipatif kita. Untuk kepastiannya mari kita tunggu panduan resminya, karena yang disajikan masih mengacu pada draft. Terima kasih atas masukannya

  7. dita mengatakan:

    Di tataran kelas, guru mesti memiliki kewenangan penuh karena guru lebih mengenal karakteristik siswanya. dengan demikian perangkat seperti silabus dan RPP, menurut saya harus dibuat sendiri oleh guru.

  8. Jual Sepatu Futsal mengatakan:

    wah tambah berat saja pekerjaan seorang guru

  9. Amal Akmalia mengatakan:

    Makasih. semoga aja kurikulum baru lebih baik dari kurikulum sebelumnya.

    ________________________________

  10. jamiatur rosidah mengatakan:

    bukankahbuat smp itu d mulai untuk kls VII?

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.045 pengikut lainnya.