Optimalisasi Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013

Pada tanggal 12-13 Maret 2013 lalu, Progam Studi PPB-FIP Universitas Pendidikan Indonesia Bandung telah menggelar seminar nasional dan workshop yang membahas tentang Optimalisasi Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Tahun 2013, dengan menghadirkan pembicara para pakar dari UPI dan beberapa tinggi lainnya.

Saya sebetulnya mendapat undangan tertulis dari panitia untuk hadir dalam kegiatan ini dan saya pun sudah berniat  untuk dapat memenuhi undangan ini, dengan harapan dapat memperoleh pencerahan secara langsung  dari para pemateri  tentang topik yang sedang hangat dibicarakan orang ini. Tetapi apa boleh dikata dikarenakan ada keperluan lain yang tidak bisa ditinggalkan, dengan sangat menyesal  harus  mengurungkan niat saya.

Kendati demikian, rasa penasaran dan kengintahuan saya tentang materi yang dibahas dalam seminar nasional dan workshop ini tetap saja masih terus menggayuti pikiran saya. Ketika saya sedang berkunjung ke SMA N 1 Kuningan, saya bertemu dengan  Ibu Yina Siti Nurpebriana, S.Pd, Guru BK SMK Negeri 3 Kuningan yang kebetulan beliau sempat hadir dalam kegiatan seminar tersebut. Saya menanyakan bagaimana hasil dari seminar dan beliau pun langsung menyerahkan sebuah kepingan Compact Disc yang didalamnya berisi beberapa sajian materi yang disampaikan dalam acara seminar di UPI Bandung.

Untuk kepentingan pengetahuan bersama, melalui tulisan ini saya unggah sebagian sajian materi yang disampaikan dalam acara seminar tersebut (dalam bentuk tayangan power point). Jika Anda ingin mengunduhnya, silahkan klik tautan di bawah ini dan mari kita diskusikan lebih lanjut!

  1. Kerangka Pikir Pemberdayaan Bimbingan dan Konseling dalam  Implementasi Kurikulum 2013: Sebuah Proposal Kebijakan (Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Profesor Ilmu Pendidikan bidang Bimbingan dan Konseling, Rektor UPI Bandung)
  2. Optimalisasi Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam  Kurikulum 2013. (Prof.Dr.Mungin Eddy Wibowo, M.Pd.,Kons. Guru Besar BK UNNES. Ketua Umum PB ABKIN)
  3. Dasar-Dasar Pengembangan Program BK Komprehensif (Setiawati, Dosen PPB FIP Universitas Pendidikan Indonesia)
  4. Peran Profesi Bimbingan dan Konseling dalam  Implementasi  Kurikulum 2013. (Muh Farozin. Dosen FIP UNY)
Materi terkait:

Pelayanan konseling di sekolah

Pelayanan konseling di sekolah/madrasah merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kegiatan belajar, serta perencanaan dan pengembangan karir…Baca selengkapnya »

Program Bimbingan dan Konseling

Program pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik (need assessment) yang diperoleh melalui aplikasi instrumentasi, dengan substansi program pelayanan mencakup: (1) empat bidang, (2) jenis layanan dan kegiatan pendukung, (3) format kegiatan, sasaran pelayanan (4), dan (5) volume/beban tugas konselor… Baca selengkapnya »

Strategi Bimbingan dan Konseling

Strategi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling terkait dengan empat komponen program yaitu: (1) Strategi layanan dasar; (2) Strategi layanan responsif; (3) Strategi perencanaan individual; dan (4) Dukungan sistem, mencakup: (a) Manajemen Program dan (b) Personalia dan Pengorganisasiannya… Baca selengkapnya »

Tujuan Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Tujuan pelayanan bimbingan ialah agar konseli dapat: (1) merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang; (2) mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin; (3) menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya; (4) mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja…Baca selengkapnya »

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
13 comments on “Optimalisasi Peran dan Fungsi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013
  1. osisberiman mengatakan:

    Ayo guru BK optimalkan kerjanyata-nya sehingga dunia pendidikan tau kalo guru BK punya banyak peran ..

  2. Ikhwan Azzahra mengatakan:

    apakah guru BK slama ini sudah optimal

  3. haryadi mengatakan:

    mantap pk!

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s