[Download Draft Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?

Rencana pemerintah untuk memberlakukan Kurikulum Baru di tahun 2013 tampaknya akan menjadi sebuah kepastian. Berdasarkan Draft Pengembangan Kurikulum 2013, diperoleh beberapa informasi esensial tentang berbagai usulan dan rencana perubahan yang akan dilakukan, khususnya berkaitan dengan: (1) Standar Kompetensi Lulusan; (2) Standar Proses;  (3) Standar Isi; dan (4)  Standar Penilaian.

Posisi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013

Setelah menyimak seluruh isi Draft Pengembangan Kurikulum 2013, saya tidak menemukan satu kalimat pun tentang Bimbingan dan Konseling.  Dalam hati saya bertanya: “Apakah ini suatu kesengajaan atau memang telah terjadi fatal error dalam perumusan kurikulum?” Kegelisahan dan keheranan semakin menguat setelah melihat usulan rencana perubahan dalam struktur kurikulum yang didalamnya menyebutkan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”.

Struktur Kurikulum Baru

Seperti kita maklumi, dalam Kurikulum 2006, layanan bimbingan dan konseling termasuk dalam  wilayah Pengembangan Diri bersama-sama dengan Ekstrakurikuler.  Jika memang usulan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”  disetujui dan menjadi keputusan resmi, timbul pertanyaan besar dalam benak saya:

DIMANA POSISI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013?

Dalam hal ini, saya tidak ingin menduga-duga untuk menjawabnya. Barangkali ada diantara Anda yang bisa memberikan penjelasan….

===========
Anda ingin mengunduh materi: Draft Pengembangan Kurikulum 2013?  Silahkan klik tautan di bawah ini:

atau DISINI

Materi Terkait:

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
119 comments on “[Download Draft Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?
  1. Anonymous mengatakan:

    trima kasih pak atas downloadnya moga bisa menjadi bahan kajian bagi kita sebagai ujung tombak tenaga pendidik

  2. mas mengatakan:

    kejelasan TIKOM di smp

  3. muhammad andy syaf batubara mengatakan:

    Peranan BK sangatlah penting bagi tujuan pendidikan ϔάπƍ lebih baik..

    Permasalahan ϔάπƍ akan terjadi bila BK Θĩ tiadakan sangatlah abstrak bagi peningkatan mutu pendidikan Θĩ NKRI..ini..

  4. Wanto mengatakan:

    BK adalah bersifat bimbingan dan bukan mata pelajaran dan saya setuju jika BK dintegrasikan dalam kegiatan ekstrakuler sehingga peran BK dalam membimbing bakat,minat peserta didik dapat terarah

  5. Anonymous mengatakan:

    perlu diketahui bahwa bimbingan dan konseling bukanlah mata pelajaran akan tetapi masuk dalam ranah pengembangan diri. fungsi konselor di tingkat satuan pendidikan bukan hanya melakukan bimbingan terhadap peserta didik saja alias menjadi guru pembimbing. perlu digaris bawahi bahwasannya menjadi guru pembimbing tidaklah harus dari latar belakang bk atau dengan kata lain hampir setiap guru mapel apa pun dapat menjadi guru pembimbing bagi murid-muridnya, akan tetapi tidak semua guru mampu menerapkan teknik-teknik dan pendekatan konseling dalam upaya menyelesaikan permasalahan siswa. untuk itu bk berarti bimbingan dan konseling.
    menurut pemahaman saya, walaupun bk tidak tercantum didalam draf kurikulum 2013 itu hanya masih sebatas klasikal saja dan tetap dapat memberikan layanan bk khususnya pola umum 17 + diluar jam klasikal.
    terima kasih

  6. Anonymous mengatakan:

    perlu penjelasan lebih lanjut tentang TIK dan BK……

  7. Anonymous mengatakan:

    kapan kurikulum ini akan digunakan pak? kami sebagai pelaksana di lapangan justru belum mendapatkan sosialisasinya.

  8. sahbana parlaungan mengatakan:

    dimana posisi guru TIK pak..?

  9. Deswar SPd mengatakan:

    Saya setuju kalau jam pengembangandiri di integrasikan pada jam pelajaran lain karena pengembangan diri itu adalah kegiatan bukan mata pelajaran BK seperti yg terjadi selama ini yg justru membuat rancu. Mengenai kedudukan bk dalam kurikulum 2013 adalah jelas bahwa bk adalah bagian integral dalam kegiatan pendidikan. Tugas konselor di sekolah adalah sebagai pembimbing, jadi guru BK tidak perlu bingung dengan ditiadakannya jam pengembangan diri pada kurikulum 2013…….Oke?

  10. agustinuspur mengatakan:

    terima kasih pak Akhmad S. saya mohon ijin dowload dan ijinkan saya share ke temen-temen saya….sangat bermanfaat bagi pengembangan guru …….

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s