[Download Draft Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?

Rencana pemerintah untuk memberlakukan Kurikulum Baru di tahun 2013 tampaknya akan menjadi sebuah kepastian. Berdasarkan Draft Pengembangan Kurikulum 2013, diperoleh beberapa informasi esensial tentang berbagai usulan dan rencana perubahan yang akan dilakukan, khususnya berkaitan dengan: (1) Standar Kompetensi Lulusan; (2) Standar Proses;  (3) Standar Isi; dan (4)  Standar Penilaian.

Posisi Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013

Setelah menyimak seluruh isi Draft Pengembangan Kurikulum 2013, saya tidak menemukan satu kalimat pun tentang Bimbingan dan Konseling.  Dalam hati saya bertanya: “Apakah ini suatu kesengajaan atau memang telah terjadi fatal error dalam perumusan kurikulum?” Kegelisahan dan keheranan semakin menguat setelah melihat usulan rencana perubahan dalam struktur kurikulum yang didalamnya menyebutkan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”.

Struktur Kurikulum Baru

Seperti kita maklumi, dalam Kurikulum 2006, layanan bimbingan dan konseling termasuk dalam  wilayah Pengembangan Diri bersama-sama dengan Ekstrakurikuler.  Jika memang usulan “Pengembangan diri terintegrasi pada setiap matapelajaran dan ekstrakurikuler”  disetujui dan menjadi keputusan resmi, timbul pertanyaan besar dalam benak saya:

DIMANA POSISI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013?

Dalam hal ini, saya tidak ingin menduga-duga untuk menjawabnya. Barangkali ada diantara Anda yang bisa memberikan penjelasan….

===========
Anda ingin mengunduh materi: Draft Pengembangan Kurikulum 2013?  Silahkan klik tautan di bawah ini:

atau DISINI

Materi Terkait:

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
119 comments on “[Download Draft Kurikulum 2013]: Dimana Posisi Bimbingan dan Konseling?
  1. bos fandi mengatakan:

    kita jangan liat siapa dia atau jangan meliat bagian luar saja tapi liat kemampuan guru BK subtansi isi dari dia

  2. maryanto mengatakan:

    Guru BK bukan alumni jurusan BK ?
    Ini benar-benar konyol ! Ingattttt…. proses bimbingan apalagi konseling ada aturan main, tetapi bukan main-main (asal-asalan). Ada-ada sj.

  3. maryanto mengatakan:

    Guru BK bukan alumni jurusan BK ?
    Ini benar-benar konyol ! Ingattttt…. proses bimbingan apalagi konseling ada aturan main, tetapi bukan main-main (asal-asalan)

  4. Aidil Mubarik mengatakan:

    walaupun keadaan kurikulum 2013 demikian adanya. Bukan berarti kita harus terkejut dengan keadaan perubahan kurikulumnya. khususnya tidak ada yang namanya Bimbingan dan Konseling. Nah, dengan keadaan ini bukan berarti kita harus terdiam saja sebagai guru. Semua itu harus berdasarkan tindakan kepribadian kita untuk membentuk kharakter siswa yang yg lebih baik. Dan itu harus kita lakukan pada semua guru mata pelajaran walaupun itu tidak terdaftar di kurikulum 2013. Semua itu karena niat kita yang rela untuk memberikan arahan kepada siswa demi kemajuan anak didik kita……

  5. Harla,S.Pd mengatakan:

    Bimbingan dan Konseling sebagai sentral untuk menempa Karakter siswa apalagi sejak didengungkanya Pendikar yang diintegralkan dalam Kur 2006, adalah suatu kelalaian yang fatal bila dalam Kur 2013 Bimb dan Konseling menjadi dinomor sekiankan. Lantas bagaimana bisa penyusun kebijakan dalam menyusun draf perubahan tidak memperhatikan kesesuaian dengan putusan yang telah diambil sebelumnya (dalam satu kementrian). Ambil contoh Permendikanas tentang Penilaian Kenerja Guru, disitu bahkan mengkomodasi dengan jelas pengaturan Khusus untuk guru BK. Menjadi tanda tanya besar apabila dalam kur 2013 tidak ada wadah khusus BK, bagaimana dengan nasib guru BK diseluruh Indonesia ?.

  6. yuskal mengatakan:

    posisi BK sangat penting dalam membangun karakter siswa , hal ini banyak diperankan oleh guru BK,Pkn,Agama dibantu oleh matpel lainnya. karena itu berilah porsi untuk itu

  7. Thami mengatakan:

    Kurikulum boleh saja berubah,diganti dengan kurikulum 2013,tetapi jangan karena ingin membuka proyek baru secara besar-bnesaran. kasihan guru-guru dan siswa,yang selalu menjadi alat pencairan dana. Yang kenyang pasti para petinggi negara.

  8. nyoman murdiana mengatakan:

    Bimbingan dan konseling bukan mata pelajaran tetapi bentuk pelayanan non edukatif

  9. arsis mengatakan:

    ini hanya usulan : jam agama 2 jam, pada kurikulum 2013. melihat moral pelajar tawuran, pacaran diluar batas orang tua tega membuang anaknya, anak tega membunuh orang tuanya, murit tak menghormati guru. kenapa pendidikan agama jamnya tidak ditambah menjadi 3 jam??, untuk membawa karakter bangsa yang ber-Tuhan.

  10. Supadi mengatakan:

    Posisi BK dalam pendidikan, adalah komprehensip sebagai konselor seluruh komponen pendidikan baik sekolah, peserta didik, orang tua dan guru. Sehingga yang menjadi guru BK itu tidak mesti alumni dari jurusan BK boleh saja guru mata pelajaran atau guru kelas karena untuk hal ini pengalaman sangat penting. demikian semoga pendidikan kita tambah hebat

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s