PP No. 8 tahun 2012: Kualifikasi Manusia Indonesia

Terhitung tanggal 17 Januari 2012 lalu, Presiden RI telah menandatangani Peraturan baru yaitu Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang di dalamnya antara lain mengatur tentang: jenjang, penyetaraan, dan penerapan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia.

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) atau Indonesian Qualification Framework  adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Kualifikasi pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) merefleksikan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang diperoleh seseorang melalui jalur : (1) pendidikan; (2) pelatihan; (3) pengalaman kerja, dan (4) pembelajaran mandiri

Hadirnya peraturan  ini tentu bukan dimaksudkan untuk membuat stratifikasi sosial (pengkastaan) baru di tengah-tengah masyarakat kita, melainkan untuk dimaknai sebagai upaya untuk mewujudkan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia.

Fasli Jalal (2010) pernah mengatakan bahwa Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dapat membangun kesadaran mutu para penyelenggara pendidikan di Indonesia untuk menghasilkan kualitas SDM yang sesuai dengan deskriptor kualifikasi dan menjadi fondasi pengakuan, akses, kolaborasi  sumber daya manusia  di dunia Internasional dan pada gilirannya akan meningkatkan daya saing bangsa. Selain itu, melalui KKNI diharapkan dapat mendorong terbangunnya country education profile dengan data yang komprehensif.

Dengan adanya KKNI ini akan merubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata dari Ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal, non formal,  in formal atau otodidak) yang akuntabel dan transparan.

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), terdiri atas 9 (sembilan)  jenjang. Adapun keterkaitan antara latar pendidikan seseorang dengan jenjang bisa dilihat dalam gambar di bawah ini:

 KKNI

Info selengkapnya Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dapat diunduh melalui tautan di bawah ini:

Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Lampiran Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

===========

Apa refleksi Anda tentang Peraturan Presiden ini?

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
37 comments on “PP No. 8 tahun 2012: Kualifikasi Manusia Indonesia
  1. ata satya mengatakan:

    Pak tujuan adanya aturan pp no 8 tahun 12 .ini ujung ujung nya untuk apa. kalau untuk naik jabatan diatasnya masih banyak mengutamakan koneksi keluarga. untuk semangat kerja gaji pns standarnya udah ditentukan . tapi mungkin untuk perbaikan birokrasi. atau mohon penjelasannya

  2. ahmad jumhur mengatakan:

    kemana aranya pp tersebut pa

  3. sigit pramana mengatakan:

    apakah dalam pp tersebut hanya pns gmana yang guru swastanya

  4. omank mengatakan:

    Yang mengatur saja bingung, apalagi yang diatur …

  5. nyoman wenten mengatakan:

    Terima kasih Pak atas informasinya semoga bermanfaat. Selanjutnya kami tunggu nformasi terbaru

  6. haerul A.M.Nur mengatakan:

    trims banyak untuk pak ahmad sudrajat atas info2x yg up to date……kami slalu menantikan info2 terbarux, terutama yang berkaitan dengan Bimbingan dan konseling (BK)

  7. dul2 mengatakan:

    PP ini sy uga kurang jelas ! pemerintah mau menghargai PNS atau relawan guru swasta atau apa ? jelas PNS begitu – begitu saja walaupun gaji di naikkan sampai di jung langit, tapi bagi relawan sekolah swasta yang sedang/kecil ….PP ini apa dampaknya buat kita yang di sekolah swasta…..sama-sama kita melaksanakan UUD 45 ? coba renungkan !

  8. bambang mengatakan:

    masih bingung, sejatinya mau perbaikan undang2/peraturan apa peningkatakan sdm dunia pendidikan , apa jaminan makin banyak undang2 makin meningkat pendidikan kita yg nota bene suasana/suhu/iklim negara kita kayak gini. Lebih bijak kali dengan menyentuh hati pelaksana pendidikan dengan peningkatan kemampuan dan wawasan para pendidiknya(beasiswa).

  9. nafiah mengatakan:

    kurang jelas, dampak apa yg dikehendaki dari PP ini ?

  10. Atmadi mengatakan:

    trims pa infonya,dan mohon izin utk saya download.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s