Ujian Nasional 2012 [Permendikbud No. 59 Tahun 2011, POS, dan Kisi-Kisi]

Tentang Ujian Nasional 2012Suka atau tidak suka, setuju atau tidak setuju, pada tahun pelajaran 2011-2012 Ujian Nasional akan tetap dilaksanakan. Pemerintah melalui Kemendikbud telah mengeluarkan peraturan terbaru tentang Ujian Nasional 2012 yang dituangkan dalam PERMENDIKBUD Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional.

Badan Standar Nasional Pendidikan  selaku penyelenggara Ujian Nasional telah menerbitkan Peraturan Nomor: 0012/P/BSNP/XII/2011 tentang Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, dan Sekolah Dasar Luar Biasa Tahun Pelajaran 2011/2012 dan Peraturan  Nomor: 013/P/BSNP/XII/2011 tentang Kisi-Kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2011/2012.

Sementara itu, untuk mengedukasi semua pihak yang berkepentingan dengan Ujian Nasional,  Kemendikbud dan BNSP  telah bekerja sama menerbitkan Buku Tanya Jawab  tentang Ujian Nasional dan Materi  Presentasi Sosialisasi  Ujian Nasional  2012.

 Semua materi tersebut dapat diunduh melalui tautan ini:

Permendiknas no. 59 tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidik dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2011/2012

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional SD/MI dan SDLB Tahun Ajaran 2011/2012

Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB dan SMK Tahun Ajaran 2011/2012

Sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Nasional SD/MI dan SDLB, SMP/MTs, SMPLB, dan SMALB, SMA/MA dan SMK Tahun Ajaran 2011/2012 oleh BSNP-Kemdiknas

Saya berharap semoga pelaksanaan Ujian Nasional  2012 ini  dapat berjalan sukses tanpa banyak ekses. Prestasi siswa semakin meningkat, dan kejujuran pun semakin lebih baik.

Mari kita rapatkan barisan untuk pendidikan yang lebih baik!

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
66 comments on “Ujian Nasional 2012 [Permendikbud No. 59 Tahun 2011, POS, dan Kisi-Kisi]
  1. techno melody mengatakan:

    senantiasa harus dibarengi dengan niat yang tekun untuk belajar dan tidak lupa berdoa

  2. KHOFIFAHNUTI mengatakan:

    SEMUA ANAK SEKOLAH SD PASTI LULUS 100%
    DENGAN NILAI YG MEMUASKAN
    AMIEN..

  3. guru_makaritutu mengatakan:

    ASSALAAMU ‘ALAIKUM,Kepada Seluruh putra Bangsa yang percaya bahwa Tuhan itu ADA seperti mana sila I pancasila,dan meyakini kejujuran sebagai spirit kesuksesan dan buah halal dari kerja keras maka mari kita bersatu dalam bersikap:
    1.TOLAK UN MENJADI SALAH SATU PENENTU KELULUSAN SISWA ,DENGAN MENDORONG REVISI UU DAN PERMENDIKBUD TENTANG UN.TIDAK MASUK AKAL STANDAR KELULUSAN DIPAKSAKAN SEMENTARA ADA 7 STANDAR PENDIDIKAN LAIN BELUM terpenuhi dan SETARA DI SELURUH INDONESIA
    2.PARA PEJABAT ORGANISASI GURU TINGKAT PUSAT PGRI.IGI BERGERAKLAH JANGAN TIDUR,JANGAN BIARKAN KARAKTER PARA ANGGOTAMU RUSAK DENGAN MENGIKUTI SISTEM YANG KOTOR SECARA MASIF DILAKSANAKAN DALAM UN INGAT TIDAK LEBIH DARI SATU PERSEN ANGGOTAMU YANG BERMENTAL PATRIOTUNTUK berlaku jujur dan BERANI MENOLAK KEINGINAN PEJABAT BiROKRASI PENDIDIKAN yang memaksakan lulus semua siswa.
    3.kepada para pemangku agama .LSM yang menjunjung tinggi dan memperjuangkan moralitas bersuaralah melalui media dan salurkan aspirasi ke DPR tolak UN sebagai salah satu syarat penentu kelulusan .un dilaksanakan seperti model EBTANAS saja tidak sebagai salah satu syarat; penentuan kelulusan kembalikan ke sekolah.
    4.wahai para KPK,HAKIM,JAKSA,LIHATLAH PROYEK UN HANYA MENGHAMBURKAN UANG NEGARA HASIL ILMIAH APA YANG BISA DIANALISIS SEBAGAI SUMBER PENGAMBILAN KEBIJAKAN JIKA DATA ITU ADALAH DATA YANG PALSU TIDAK SEBENARNYA?BERAPA UANG NEGARA TERHAMBUR PADA KEGIATAN DENGAN HASIL MAYORITAS KEMUNAFIKAN ???.
    5.PARA DPR.DPRD PEJABAT PENDIDIKAN DAN PEJABAT NEGARA YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBIJAKAN UN INI SADARLAH,KEMBALILAH KE JALAN LURUS,PEMBANGUNAN MANUSIA INDONESIA ITU UTUH BUKAN MANUSIA SYBERNETIC SEPERTI ROBOT YANG NASIBNYA DITENTUKAN HANYA DENGAN ANGKA MINIMNAL DAN NILAI RATA-RATA KELULUSAN ,INGAT GARA-GARA NILAI RATA-RATA 5,49 ,SEPERSERATUS DIBAWAH 5.50 KEMUDIAN TIDAK LULUS!!!
    6.PARA GURU DAN KEPSEK;BERSATULAH MENGAMBIL SIKAP DAN BUAT PERNYATAAN TANDA TANGANI DAN SETIAP SEKOLAH KIRIM PERNYATAAN ITU KE PRESIDEN ,MENTERI.BSNP,DPR SUPAYA MEREKA TAHU…SEBELUM PGRI SERUKAN MENGAMBIL SIKAP DEMO/AKSI NASIONAL TURUN KE DPR TOLAK UN

  4. mariyat,spd,mpd mengatakan:

    UN 2012 sebagai standar penilaian tk nasional untuk ukuran keberhasilan suatu sekolah dalam suatu wilayah namun diprlukan kejujuran,acountabllitas yang tinggi serta tanggung jawab yang tinggi dengan formula yang bagus 60 % dirasi masih tinggi untuk pengaruh kelulusan mestinya dibalik saja 40 % Nilai UN dan 60 % Nilai US untuk menjaga kejujuranacountablitas dan tanggung jawab yang tinggi

  5. thesa mengatakan:

    ya allah mudahan aku lulus dan mendapatkan nilai bagus
    amieeeeen….

  6. hardi Insyaakbar mengatakan:

    unsur politik yang masuk ke dunia pendidikan yang menyebabkan UN tidak dapat dihapus secara total. Mulai dari Top, midle, and lowwer pejabat pemerintahan ikut mencari keuntungan di dalam penyelenggaraan UN.
    Pendidikan yang diharapkan oleh Indonesia adalah pendidikan yang mampu mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. namun UN sama sekali tidak mengarah kepada ketiga hal tersebut. bahkan UN hanya akan menimbulkan berbagai macam kecurangan dan kebobrokan moral bangsa ini…
    Jika pendidikan kita ingin sesuai dengan cita-cita undang-undang maka kita harus berani melakukan reformasi pendidikan secara keseluruhan.

Komentar ditutup.