[Download] Silabus dan RPP Berkarakter

Implementasi pendidikan karakter di sekolah salah satunya dapat dilakukan melalui pengintegrasian dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran, dimana materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran dikembangkan, dieksplisitkan, dan dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Sehingga pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari di masyarakat. Konsekuensi logis dari pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran, maka setiap guru dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran yang bernuansa karakter.

Terkait dengan kegiatan merencanakan pembelajaran yang bernuansa karakter, di bawah ini saya sediakan tautan  file  contoh atau model  Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang bernuansa karakter untuk mata pelajaran IPS di SMP (merupakan lampiran dari Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter  di Sekolah Menengah Pertama, yang tentunya perlu dikembangkan lebih lanjut)

Jika Anda berminat mengunduh contoh RPP tersebut, silahkan  Klik DISINI dan untuk contoh silabusnya, silahkan Klik DISINI

Semoga bermanfaat…

===========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam PEMBELAJARAN
68 comments on “[Download] Silabus dan RPP Berkarakter
  1. agus mengatakan:

    pak kalau ada kirim juga dong silabus & rpp PAI SMP yang berkarakter

  2. Nurul Rohman mengatakan:

    saya jg minta klo ada silabus dan RPP PAI SMA..trim’s

  3. wasis mengatakan:

    Ya, saya sangat setuju sekali dengan contoh dan pendapat. Karena bangsa yang besar ini bila rasa cinta terhadap bangsanya kurang bahkan tidak ada pada peserta didik kita, maka tunggu kehancuran bangsa ini. Oleh karena itu sudah saatnya pedi-dikam karakter bagsa disosialisasikan dan diimplementasikan pada peserta didik mulai tingkat TK sampai Perguruan Tinggi. Oh ya, Pak tolong saya dikirimi contoh silabus dan rpp bahasa Indonesia berkarakter smp, ya!

  4. Peno Suryanto mengatakan:

    Saya setuju pendidikan karakter sangat penting dan setuju dengan pengintegrasian dengan pembelajaran dikelas. Melihat RPP sebagai contoh, saya belum melihat integrasi secara holistik hanya terintegrasi pada proses pelaksanaan ( dimulai dengan berdoa, absen siswa, diskusi kelompok (yang dinilai proses kerjasama, ketelitian). Hal ini akan menuntut siswa harus disiplin dan baik agar mendapatkan nilai yang tinggi. Alangkah baiknya pendidikan karakter bisa mengintegrasikan secara holistik dengan materi yang diajarkan.

    Perlu dikembangkan pendidikan karakter yang menanyakan :
    Setelah mendapatkan materi A, siswa dapat menjadi apa kelak? (Inspiratif/motivasi tinggi/punya cita-cita)

    setelah mendapatkan materi A, siswa dapat membantu siapa saja dalam kondisi seperti apa? (suka membantu/menolong/dalam kondisinya dengan ilmunya)

    Setelah mendapatkan materi A, siswa akan berbuat baik apa saja yang berhubungan materi tersebut (berbuat baik berdasarkan ilmu)?

    Setelah mendapatkan materi A, apakah siswa dapat mengetahui kebesaran Tuhan? (spiritual)

    dan pertanyaan yang terintegrasi dalam materi.

    Contoh Sederhana :

    Contoh :
    Guru membuka pembelajaran (doa dll)
    Guru bercerita tentang pesawat yang jatuh dihutan diwilayah tertentu
    Guru mengajak siswa untuk membayangkan apabila mereka menjadi penumpang dipesawat tersebut. Siswa Berdiskusi
    Guru membawa peta, dengan titik pesawat jatuh dan beberapa kemungkinan desa yang bisa menolong dengan berbagai hambatan
    Guru meminta berdiskusi bagaimana cara keluar dari titik tersebut, berapa jarak yang ditempuh dengan desa-desa tersebut, berapa lama kira2, menyebrang sungai tidak, naik pegunungan tidak?

    guru menutup pembelajaran dengan berkata:
    Jika kalian kelak mengalami hal tersebut, jangan panik, kalian bisa menolong orang lain dengan materi yang kalian peroleh hari ini. Nama kalian akan terukir sebagai pahlawan penyelamat korban kecelakaan pesawat terbang.

    itulah usul saya untuk mengintegrasikan materi dengan pendidikan karakter. usul tersebut berasal dari refleksi saya ketika masih SD, SMP, SMA. Saya akan senang belajar apabila saya berguna bagi orang lain. Dan perasaan itu setelah saya diskusikan dengan beberapa tema, guru, dan sahabat lainnya ternyata mereka merasakan hal yang sama.

    Maka kesimpulan saya: Kita akan merasa senang, bahagia jika kita berguna bagi orang lain, dan orang lain menghargai kita. Saya yakin karakter bangsa indonesia akan maju pesat

    Salam pendidikan
    Peno Suryanto

  5. neporiz mengatakan:

    SMP – Mata ujian yang di UN-kan sekarang di US-kan juga dan hasilnya bersama dengan mata pelajaran lainnya dikirim ke pusat, sedangkan di lain pihak sekolah diberi kewenangan untuk kelulusan dan ketidaklulusan, tapi pagu nilai kelulusan dipatok pusat (apa bisa?), karakter macam mana ini teh yaaa? Ah mungkin aku yang bodoh yang harus lebih banyak baca permen. Terimakasih Pak …

  6. syamsul anwar mengatakan:

    terimakasih pak…semoga yang mahakuasa membalasnya…oh ya?kalau bisa RPP Bahasa Indonesia untuk SMK, dimuat juga pak?

  7. syamsul anwar mengatakan:

    terima kasih pak…semoga yang kuasa membalasnya…oh ya?kalau bisa RPP pelajaran bahasa Indonesia untuk SMK y pa….

  8. Elis Rahmawati mengatakan:

    salam knl pak..
    klo bs silabus dan rpp matematika smp yg berkarakter dong pakk..
    sy bth bgt. trims

  9. sakhy mengatakan:

    tks. tanya pak, ada istilah KTSP berbasis pendidkan karakter. apa maksudnya? mhn bs d replay jg k email saya. tks lg.

  10. yuli mengatakan:

    apa perbedaan pendidikan karakter dgn pend sepanjang hayat?

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.447 pengikut lainnya.