Instrumen Supervisi dan Kinerja Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan

Beberapa waktu yang lalu  saya mengikuti kegiatan pelatihan tentang Supervisi, Monitoring dan Evaluasi SSN Tahun 2010 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, bertempat di Bandung. Setelah menyimak penjelasan materi dari sejumlah penyaji, banyak hal baru yang saya dapatkan, terutama berkenaan dengan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi SSN Tahun 2010.

Selain memperoleh pengetahuan, saya pun dibekali instrumen Supervisi, Monitoring dan Evaluasi SSN, yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam melakukan pembinaan, pengontrolan, dan sekaligus sebagai upaya akuntabilitas dalam penyelenggaraan SMP SSN .

Instrumen ini dirancang dengan merujuk pada 8 (delapan) jenis standar  pendidikan. Meski instrumen ini terkesan hanya diperuntukkan bagi sekolah-sekolah yang sudah mendapatkan legitimasi sebagai Sekolah Standar Nasional atau sedang melakukan rintisan. Tetapi menurut hemat saya, instrumen ini pun pada dasarnya bisa  dimanfaatkan pula bagi  sekolah-sekolah yang belum berlabelkan SSN/RSSN.

Bagi pengawas sekolah,  instrumen ini bisa digunakan untuk kepentingan pengawasan sekolah-sekolah yang menjadi binaannya (sekalipun belum berlabel SSN). Sementara bagi sekolah itu sendiri, instrumen ini sangat bermanfaat untuk kepentingan evaluasi diri dalam rangka perbaikan diri secara internal. Bagi Dinas Pendidikan, instrumen ini bisa digunakan untuk kepentingan pemetaan  keadaan sekolah, dan bahan pertimbangan pembuatan kebujakan pendidikan di daerahnya masing-masing.

Berikut ini saya sajikan tautan file-file instrumen  utama yang bisa Anda unduh.

INSTRUMEN KINERJA

Pembobotan Kinerja

  1. Instrumen Standar Isi
  2. Instrumen Standar Proses
  3. Instrumen Standar Kompetensi Lulusan
  4. Instrumen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Instrumen Standar Sarana Prasarana
  6. Instrumen Standar Pengelolaan
  7. Instrumen Standar Pembiayaan
  8. Instrumen Standar Penilaian

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
78 comments on “Instrumen Supervisi dan Kinerja Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan
  1. Sugijanto mengatakan:

    terima kasih Pak Ahmad. bahan-bahan yang bapak sajikan sangat bermanfaat bagi saya yang sebenarnya relatif awam dalam kegiatan monev sekolah, namun karena tuntutan tanggung jawab sebagai anggota Dikdasmen PD Muhammadiyah, saya menjadi cukup memahami. Sebelumnya saya banyak pengalaman sebagai penilai kinerja perusahaan. Sekali lagi terima kasih. Salam (Sugijanto)

  2. Anonymous mengatakan:

    Terima kasih pak, semoga karya-karya lain dapat di posting lagi, sukses buat anda

  3. WAHIB mengatakan:

    trims semoga dapat memberikan konstribusi pada kemajuan anak didik kami

  4. Anonymous mengatakan:

    Mohon maaf pak, kalau bisa minta tolong kalau ada instrumen pemantauan 8 SNP untuk Sekolah dasar (SD) dalam format EXCEL seperti pada Instrumen pemantauan 8 NSP untuk SMA.

  5. abd. wahib mengatakan:

    terima kasih saya dapat ikut memanfaatkan file

  6. abas mengatakan:

    instrumen supervisi sangat membantu bagi yanhg membutuhkan dan semua yang ditayangkan dubutuhkan oleh para pengelola sekolah terimkasih abas

  7. Anonymous mengatakan:

    Terimakasih, Pak..sangat bermanfaat bagi kami. Semoga tetap terus berkarya untuk pendidikan.

  8. Anonymous mengatakan:

    Terima kasih Bpk.Ahmad Sudrajat,M.Pd. Tulisan bapak sudah banyak yang saya baca dan coba terapkan. Kali ini saya mencari instrumen 8 SNP untuk SD tetapi ketemu yang bapak posting cuman untuk SMP. Saya berharap kalau Bpk. Mempunyai yang SD dan TK. Sekali lagi terima kasih.Semoga Bpk. Sukses slalu.

  9. rahim spd mengatakan:

    bahwa dengan adanya delapan standar tersebut diharapkan semua yang termasuk komponen sekolah dapat lebih meningkatkan kinerja dengan penuh rasa tanggung jawab

  10. rahim spd mengatakan:

    terima kasih semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan .smp neg.maniangpajo kab.wajo

Komentar ditutup.