Memanfaatkan SlideShare.net untuk Pembelajaran

Website slideshare.net adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai informasi yang sangat kaya. Di sana tersimpan berbagai file gratis dalam bentuk power point, word …..

Website slideshare.net adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai informasi yang sangat kaya.   Di sana tersimpan berbagai file dalam bentuk  power point,  word dan pdf.  yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang berbagai hal.

SlideShare.net

Tetapi bagi sebagian orang  mungkin website ini masih dianggap sebagai sesuatu yang asing. Hal ini bisa saya lihat ketika  saya menugaskan para mahasiswa untuk memiliki account di SlideShare.net untuk menyimpan file tugas-tugas  perkuliahan yang saya ampu, ternyata diantara mereka ada juga yang belum mengenal website ini.

Walaupun sesugguhnya perkuliahan yang saya ampu bukanlah mata kuliah tentang komputer/IT, tetapi itulah tantangan belajar yang saya berikan kepada mahasiswa.

Dalam perkuliahan, saya  mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk tidak hanya  sekedar menguasai substansi dari apa yang  sedang dipelajarinya di dalam kelas tetapi  mereka dituntut pula untuk senantiasa belajar meraih dan berbagi  informasi secara terus menerus, diantaranya melalui internet dengan memanfaatkan Slide Share.net ini.

Penugasan ini bukan tanpa alasan, secara kebetulan saya mengampu mata kuliah kependidikan yang bertujuan menyiapkan para  mahasiswa untuk memiliki kompetensi pedagogik.  Harapan saya,  di samping untuk memenuhi  kebutuhan belajar mereka saat ini,  –kapasitasnya sebagai mahasiswa.  Lebih dari itu, melalui penugasan ini harapan saya kelak ke depannya  ketika mereka telah menjadi guru,  mereka sudah sangat terbiasa akrab dengan komputer dan dunia internet untuk kepentingan pembelajaran peserta didiknya.

Saya yakin, ke depannya komputer dan internet akan menjadi bagian  yang tak terpisahkan dari proses pendidikan di sekolah.

Berdasarkan informasi yang saya peroleh, konon para mahasiswa saya sebagian besar sudah memiliki account di FaceBook,  yang   notabene mereka sudah memiliki pemahaman bagaimana mengoperasikan internet.  Hal ini saya anggap sebagai sebuah peluang untuk menambah dan meningkatkan kapasitas mereka, jadi selain mereka berinteraksi secara sosial dalam FaceBook, mereka  juga dapat berinteraksi secara intelektual melalui SlideShare.net

Terima kasih kepada sahabat saya,  Bapak  Aminhers yang lagi merantau di Thailand, karena penugasan ini salah-satunya terilhami dari diskusi  dengan beliau  dalam sebuah tulisan saya sebelumnya.

==========

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

56 tanggapan untuk “Memanfaatkan SlideShare.net untuk Pembelajaran”

Komentar ditutup.