Permen PAN No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru

Lahirnya Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 84/1993 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dipandang sebagai moment penting  perjalanan profesi guru di Indonesia.  Terbitnya KEPMENPAN ini telah mengukuhkan guru sebagai jabatan fungsional, dimana proses kenaikan pangkat dan jabatan guru  yang semula dilakukan secara otomatis dan  periodik  (per 4 tahun) diubah menjadi berdasarkan angka kredit, sehingga memungkinkan guru  untuk dapat mengajukan kenaikan pangkat dan golongan kurang dari 4 tahun. Walaupun dalam kasus-kasus tertentu, khususnya untuk kenaikan pangkat dari golongan IV.a ke IV.b  dan seterusnya, peraturan ini tampaknya  menjadi kontra-produktif, karena banyak guru yang  terganjal oleh ketentuan yang mewajibkan guru untuk membuat Karya Tulis Ilmiah.

Seiring dengan perjalanan waktu dan  perkembangan profesi dan tuntutan kompetensi Guru saat ini, keputusan menteri ini tampaknya diperlukan berbagai penyesuaian. Oleh karena itu, pemerintah  melalui Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menerbitkan peraturan baru yang tertuang dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan  Angka Kreditnya.

Kerangka isi peraturan tersebut terdiri dari 18 Bab dan 47 pasal, ditandatangani oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, per 10 November 2009.

Hal – hal pokok yang bisa saya garisbawahi  dari isi peraturan baru ini adalah:

  1. Penilaian unsur utama untuk kegiatan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah, dihitung sacara paket berdasarkan penilaian kinerja guru yang akan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (pasal 15).  Dalam peraturan terdahulu  penilaian dilakukan  berdasarkan masing-masing sub komponen secara parsial.
  2. Kegiatan pengembangan profesi dalam bentuk publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif sudah  harus dilakukan oleh para guru yang akan naik ke golongan III.c (pasal 17 ayat 2). Semula, ketentuan ini hanya berlaku bagi para guru yang akan naik ke golonganl IV.b dan seterusnya.

Dalam pandangan saya, isi peraturan ini terkandung  makna dan semangat bahwa saat ini pekerjaan guru tidak lagi dipandang sebagai  sebuah pekerjaan yang asal-asalan, tetapi merupakan sebuah pekerjaan profesional yang dibingkai oleh kaidah-kaidah profesi yang standar.

Jika Anda bermaksud mempelajari lebih lanjut isi peraturan  tersebut,  silakan klik DI SINI (4share) atau DI SINI (ziddu).

[Mohon maaf, saya tidak banyak mempelajari cara-cara yang efektif untuk men-download file yang tersimpan di 4share maupun Ziddu. Mungkin ada diantara Anda yang ingin membantu memberikan TIPS-nya?]

=========

Catatan:

Bahan ini saya peroleh dari Dr. Tita  Lestari ketika beliau menjadi nara sumber  pada kegiatan pelatihan  Penguatan Kompetensi  Pengawas yang diselenggarakan oleh Direktorat Profesi Tenaga Pendidikan  bertempat di  P4TK Bandung pada tanggal 29 Januari-01 Februari   2010.

=========

Permen PAN dan Reformasi Birokrasi No. 21 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya

Materi terkait:

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
91 comments on “Permen PAN No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru
  1. Priyatno Santoso mengatakan:

    mana pak ahmad contoh lengkap PENELITIAN TINDAKAN PENGAWAS SEKOLAH?

  2. Jepri Sihombing, S. Pd mengatakan:

    Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses dalam tugas

  3. Budisastro mengatakan:

    Yth Pak Ahmad Sudrajat
    sekitar tiga tahun yang lalu saya pernah bertanya kepada bapak tentang pengusulan angka kredit dari 4a ke 4b. Saya telah melakukan kegiatan sebagai berikut. Manakah yang termasuk pengembangan profesi dan ada nilainya?
    1. Pengembangan kurikulum. menjadi narasumber pada sosialisasi KTSP di salah satu gugus SD di daerah saya
    2. Membuat beberapa diktat praktik komputer. saya mengajar TIK, tapi aslinya Kimia
    3. Salah satu SMP mengndang saya untuk menjadi narasumber dalam pembuatan media pembelajaran. dalam bentuk workshop
    4. di sekolah sendiri pernah menjadi narasumber dalam pembuatan RPP, KKM dll
    5. membuat inovasi pembelajaran dan berhasil mendapat penghargaan dari ITSF dalam Science Education Award th 2009
    6. sekarang terdaftar sebagai peserta KTI online, tapi karena saya belum pernah membuat KTI dan belum pernah mendapat pelatihan tentang KTI, jadi saya masih bingung keyika diminta mengirim proposal.
    Sampai sekarang pun saya masih belum begitu paham tentang pengembangan profesi dan cara memperoleh nilainya. Saya sangat mengharapkan kesediaan Bapak untuk menjawab pertanyaan saya ini di blog saya. atau berupa postingan di blog ini atau memberikan link untuk saya berkomunikasi
    Terima kasih atas izinnya menulis komentar yang panjang di sini
    salam dari kalimantan tengah

    ====
    Yth. Pak Budi
    Menurut pemahaman saya (yang mungkin berbeda dengan Tim Penilai)
    Kegiatan No. 1, 3, 4 dan 5 bisa dianggap sebagai kegiatan pengembangan diri (menggunakan permen PAN baru di atas)
    No.2 dan PTK (diusahakan ada) dianggap pengembangan profesi

  4. tribasuki mengatakan:

    Mohon file sk tentang pedoman penetapan angka kredit bagi pengawas satuan pendidikan

  5. Kasim Suriadinata mengatakan:

    Saya kesulitan mendownload Permen 16/2009. Tolong bagaimana caranya. Bagi yg bersedia menolong saya kirim ke alamat e-mail saya, kasimsuriadinata@ yahoo.co.id. Terima kasih.

  6. mujiyono mengatakan:

    Pak guru adalah kuncinya dari segala kemajuan pada lini apapun apalagi guru besar namun guru besar amatlah sangat sedikit gimana pak kunci menjadi guru besar yang berguru sejati

  7. Sutopo, S. Pd mengatakan:

    Bagaimana cara mendownload Permen No 16 Tahun 2009

  8. irfan mengatakan:

    di kantor ku belum diterapkan kepmen ini, dan saya belum tahu cara mengisinya, kebetulan saya baru kenaikan pangkat pertama, jadi tolong bimbinganya

  9. Entis Sutisna mengatakan:

    Trims Pak Ajat saya sudah lama mencari peraturan ini.

  10. nasir rhosidi mengatakan:

    Halo, Pak Rahmat SMSR dan teman2 Guru di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia tercinta….!
    Bila Pak Rahmat SMSR telah sharing, maka saya ingin bertanya kepada teman2 seprofesi yang telah mengetahui jawabannya. Apakah mempublikasikan karya ilmiah/karya inovatif melalui seminar yang dilaksanakan di dalam forum KKG/MGMP sudah dinilai memenuhi syarat keabsahan sebagaimana dimaksudkan oleh Permenneg PAN no 16 tahun 2009 tersebut? Atas bantuan teman2 saya ucapkan terima kasih. Selamat berjuang, semoga mendapat nilai ibadah di sisi Allah Swt, Tuhan Yang Mahaesa.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s