Permendiknas No. 39 Tahun 2009

Guna memenuhi beban kerja guru dan pengawas  sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru, pemerintah kembali  meluncurkan regulasi baru yaitu  Permendiknas No.39 Tahun 2009 tentang Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan.

Permendiknas ini ini terdiri dari 8 pasal  yang didalamnya memuat berbagai ketentuan tentang beban kerja guru, guru BK/konselor, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru pembimbing khusus  dan pengawas sekolah.

Dalam Permendiknas ini dikemukakan pula tentang  ketentuan bagi guru yang tidak dapat memenuhi  beban kerja.  Selain itu, karena saat ini  pengawas sekolah pun masih dipandang sebagai  guru,  maka dalam pasal  4 diatur pula tentang beban kerja pengawas sekolah yakni  melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dan pengawasan .

Dalam Peraturan ini juga mengamanatkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi/Kab’Kota dan Kanwil Depag dan Kandepag  untuk dapat menyelesaikan rencana kebutuhan dan redistribusi guru, baik pada tingkat satuan pendidikan maupun kabupaten/kota,  paling lama  2 tahun setelah diberlakukannya peraturan ini (pasal 5 ayat 2).

Jika Anda ingin mengetahui selengkapnya  isi dari Permendiknas ini, silahkan  klik  tautan di bawah ini !

Permendiknas No.39 Tahun 2009 tentang Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan.

[adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: ,
Ditulis dalam MANAJEMEN PENDIDIKAN
113 comments on “Permendiknas No. 39 Tahun 2009
  1. ARNOL BRIA SAE mengatakan:

    GURU WAJIB MENGAJAR 24 JAM PELAJARAN SETIAP MINGGU. BERAPA SEKOLAH YG WAJIB DISUPERVISI OLEH SEORANG PENGAWAS MATA PEJARAN SBG KOMPENSASI 24 JAM?

  2. ARNOL BRIA SAE mengatakan:

    GURU WAJIB MENGAJAR MINIMAL 24 JAM PELAJARAN SETIAP MINGGU. BERAPA SEKOLAH YANG WAJIB DISUPERVISI OLEH SEORANG PENGAWAS MATA PELAJARAN SEBAGAI KOMPENSASI 24 JAM?

  3. jufen mengatakan:

    Bingung,,,,,,, jadinya?????? katanya dirubah pasal 5????? apanya dirubah ???? rubah saja mEntrinya,,, tambah bingung kami dilapangan???????

  4. Hamka Manoppo mengatakan:

    Permendiknas 39 tahun 2009, yang telah dirubah melalui Permendiknas 30 tahun 2011. Menurut waktu berlakunya sudah berakhir. Sekarang apakah sudah ada aturan baru? Bila belum berarti kami masih bisa menggunakan permen itu sebagai dasar. Bila tidak berlaku lagi kami mohon aturan terbarunya. makasih

  5. andi erisman mengatakan:

    mohon penjelasan tentang pasal 5 permendiknas nomor 30 tahun 2011

  6. ahmadluth mengatakan:

    dalam membuat aturan, dalam membuat permendiknas jangan sama ratakan pulau jawa dengan daerah diluar pulau jawa, karena didaerah kota masih dapat memenuhi 24 tatap muka yang ekuivalen dengan mata pelajaran yang diampu, sedangkan didesa sangat sulit, dikarenakan jumlah siswa yang sedikit

  7. PINTA mengatakan:

    Kami hanya berharap pemerintah lebih bijaksana lagi dalam membantu guru untuk melaksanakan pemenuhan jam. Mengingat betapa sulitnya untuk pemenuhan 24 jam maka kami mohon untuk untuk pemenuhan diknas bisa mengamibil sekolah di depak dan begitu sebaliknya. Baik anak2 dinas maupun depak adalah anak2 bangsa yang sama2 belajar formal maka mohon janganlah dibeda2kan antara sekolah dinas dan depag toh kami pemenuhan jam juga tidak mutlak 24 jam. Kami berharap mereka bisa mengenyam pendidikan yang sama. Kurikulum dinas dan depak sama kenapa meski dibedakan? Atau hanya pemerintah yang hendak mempersulit kami. Terus terang dengan adanya aturan PP 39 kami menjadi tidak tenang dalam bekerja sehingga tentu saja yang dirugikan anak2 sendiri. Dengan tidak adanya kenyamanan dan ketenangan dalam bekerja maka tentunya kami tidak bisa mengajar secara optimal sehingga kwalitas pendidikan bs menurun.

  8. manis mengatakan:

    KASIHAN NEGERI QT PADA DIAJARI BOHONG MELALU8I KEBIJAKAN PENDIDIKAN YG SGT CARUT MARUT, N INI HASIL DARI KEBJAKAN POLITIK DALAM N ORG LUAR YG TDK INGIN INDONESIA MAJU NAMUN SGT MENGINGINKAN KEHANCURAN INDONESIA, KASIHAN GURU-GURU PENDIDIK TANPA TANDA JASA MO NGSI DUIT SJ TERLALU BERBELIT2 N MENYULITKAN….OHH….NASIBMU WAHAI PARA PENDIDIK NEGERI…

  9. burhanudin mengatakan:

    Permendiknas no 39 th 2009, dan permen no 30 2011 tidak menyelesaikan masalah dilapangan…karna sulit sekali bagi sekolah hususnya diperkotaan untuk memenuhi bebankerja guru 24 jam/minggu…dilampangn ternyata Dinas Pendidkan Kab/kota tidak berani melakukan Pemerataan Guru…biarkan aja kebohongan berjalan terus…hahahaha

  10. nila arianti mengatakan:

    sulit sekali memenuhi 24 jam tatap muka per minggu,apalagi sebagai guru sejarah yang di kelas X di hitung satu jam perminggu,ditambah lagi guru sejarah tidak diakui kalau mengajar antropologi /sejarah budaya bagaimana ini tolong dibantu!

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 14.053 pengikut lainnya.