Download Instrumen Akreditasi SMP-MTs

Instrumen Akreditasi SMP-MTs : Instrumen akreditasi SMP-MTs terdiri dari 8 komponen dan item dikembangkan dengan merujuk pada Standar Nasional Pendidikan…

Selama mengikuti pelatihan Asesor Akreditasi SMP-MTs tahun 2009, saya telah memperoleh sejumlah pemahaman baru terutama tentang hal-hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan Akreditasi SMP-MTs. tahun 2009.  Berikut ini beberapa catatan penting saya dari seluruh materi yang disajikan dalam pelatihan.

  1. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan Akreditasi SMP-MTs  tahun 2009 sangat berbeda dengan instrumen yang digunakan pada kegiatan akreditasi SMP-MTs sebelumnya. Instrumen akreditasi SMP-MTs tahun 2009 ini terdiri dari 8 komponen dan butir-butir pernyatan (item) dikembangkan dengan merujuk pada  Standar Nasional Pendidikan (Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005). Sedangkan instrumen akreditasi SMP-MTs sebelumnya terdiri dari 9 komponen dan butir-butir pernyatan (item) dikembangkan dengan mengacu pada  Standar Pelayanan Minimal (SPM).
  2. Instrumen Akreditasi SMP-MTs Tahun 2009 dirancang dalam bentuk  skala,  terdiri dari 169 item dengan 5 (lima) opsi jawaban (A=4, B=3, C=2, D=1 dan E=0). Instrumen Akreditasi SMP-MTs sebelumnya menggunakan opsi jawaban dikhotomi (YA=1 dan TIDAK=0). Meski dirancang dalam bentuk skala, tetapi instrumen ini tidak sepenuhnya menggunakan pendekatan kuantitatif (objektif). Beberapa butir pernyataan tertentu tampaknya lebih cenderung bersifat kualitatif (subyektif), sehingga menuntut pemahaman dan kecermatan yang mendalam dari pihak sekolah maupun asesor dalam menentukan pilihan jawabannya.
  3. Dalam beberapa item tertentu, untuk memperoleh skor maksimum  (A atau 4) tampaknya akan menjadi kesulitan tersendiri bagi sekolah, mengingat rambu-rambunya sudah ditentukan secara jelas, dengan ekspektasi mutu dan standar yang tinggi.
  4. Terakhir dan yang paling penting menurut hemat saya, bahwa dalam kegiatan Akreditasi SMP-MTs Tahun 2009 ini  tercerminkan semangat untuk meningkatkan kelayakan dan mutu pendidikan di Indonesia.

Salah satu oleh-oleh yang saya bawa dari pelatihan akreditasi ini adalah instrumen Akreditasi SMP-MTs Tahun 2009. Jika Anda membutuhkannya, silahkan klik tautan di bawah ini:

Download Instrumen Akreditasi SMP-MTs

================

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

69 tanggapan untuk “Download Instrumen Akreditasi SMP-MTs”

  1. SEKOLAH KAMI MAUU AKREDITASI TAHUN INI, UNTUK MEMPEROLEH CONTOH PENGISIAN 8 STANDAR DIMANA, MAKASIH

  2. Sekolah kami persiapan akreditasi tahun ini, standar akreditasi yang memuat 8 unsur apa bisa download disini? maksaih

  3. saya pingin punya KTSP buat MTS pak, karena KTSP MTS saya sudah lama jadi pingin punya yang baru

  4. Saya berminat mengikuti pelatihan Asesor Akreditasi SMP. Bagaimana carana ?. Mohon penjelasan. Terima kasih.

  5. sekolah kami masa habis akreditaasi desember 2012 utk akreditasi ulangnya jadwalnya kapan apa dah perlu update daftar akreditasi sekarang. trims instrumen nya.

Komentar ditutup.