Instrumen Akreditasi SD dan MI

Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan telah membawa konsekuensi tersendiri terhadap teknis penyelenggaraan Akreditasi Sekolah, dan salah satunya adalah berkaitan dengan instrumen yang digunakan. Mulai tahun 2009, untuk mengukur kelayakan SD/MI dalam kegiatan Akreditasi telah digunakan instrumen baru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendiknas No. 11 Tahun 2009 tentang Krtiteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar-Madrasah Ibtidaiyah.

Instrumen Akreditasi yang baru ini terdiri dari 157 item mencakup 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian).

Dalam Permendiknas tersebut dilampirkan pula dengan Petunjuk Umum dan Petunjuk Teknis yang dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam mengisi instrumen evaluasi diri sekaligus juga menjadi pegangan bagi para asesor dalam mengklarifikasi dan memverifikasi data pada saat kegiatan visitasi

Instrumen disusun dalam bentuk skala dengan lima option jawaban secara gradual. Jika dibandingkan dengan instrumen sebelumnya yang berbentuk jawaban dikhotomi (YA atau TIDAK), bentuk skala dengan jawaban lima option ini tampaknya jauh lebih memungkinkan sekolah untuk dapat mengisi instrumen evaluasi diri secara lebih objektif. Demikian pula, para asesor akan dapat menggali data lebih akurat pada saat kegiatan visitasi.

Dalam instrumen dengan jawaban yang berbentuk dikhotomi tampaknya telah menimbulkan kesulitan tersendiri bagi sekolah dalam menentukan jawaban. Dalam hal ini, pertimbangan subyektif terasa sangat kental karena tidak ada parameter yang jelas. Demikian juga, para asesor seringkali mengalami kesulitan dalam memverifikasi data, terutama jika berhadapan dengan sekolah-sekolah yang merasa ”over estimate” dalam melakukan kegiatan evaluasi dirinya.

Semoga saja dengan adanya perubahan instrumen dan teknis penyelenggaraan akreditasi ini kiranya dapat semakin mengokohkan fungsi dan tujuan dari akreditasi itu sendiri yakni tercapainya pendidikan Indonesia yang berkualitas tinggi.

Selengkapnya tentang Isi Permendiknas No. 11 Tahun 2009 dapat dilihat dalam tautan di bawah ini:

Download Instrumen Akreditasi SD dan MI

Informasi Terkait:

=============

Download Instrumen Akreditasi SMA

=============

Download Instrumen Akreditasi SMP-MTs

=============

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
51 comments on “Instrumen Akreditasi SD dan MI
  1. Alfin ishak mengatakan:

    mohon petunjuk dimana kami mendounload instrumen akreditas sd yang berbentuk word … ?

  2. rosid mengatakan:

    Ass. mohon izin unduh instrumen skreditasi sd…trima kasih mendalam

  3. SURATNO mengatakan:

    SALAM SUKSES. SAYA SEDANG MENYIAPKAN BUKTI FISIK AKREDITASI 8 STANDAR KOMPONEN 1 – 157. DALAM WAKTU DEKAT AKAN DITERBITKAN BUKUNYA.

  4. SUNARYONO mengatakan:

    MAKASIH BANYAK DAH DIKIRIMI AKRIDITASINYA

  5. Roni Yusron mengatakan:

    Izin unduh untuk disebarkan kembali.
    Hatur nuhun sateuacanna
    :P

  6. Alisa Anis mengatakan:

    ass,,,mhon maaf dn mhon izinny utk download. Terimakasih.

  7. Anonymous mengatakan:

    Mohon izin download ya pak

  8. Anonymous mengatakan:

    mohon ijin download pak….

  9. Anonymous mengatakan:

    Pak mohon ijin download instruimen akreditasi smp, sekolah kami smp negeri 1 rajabasa lampung selatan akan diakreditasi, terima kasih

  10. SUNARYONO mengatakan:

    PEDOMAN AKRIDITASINYA BAGUS KIRIMI YA LEWAT EMAIL INI ngloram @yahoo.co.id MAKASIH KALU DIKIRIMI

Komentar ditutup.