Buku – Buku tentang Model Pembelajaran Inovatif Ternyata Masih Langka 

Upaya pemerintah untuk mereformasi sistem pembelajaran di sekolah tampaknya telah mendapat respons positif pada sebagian akademisi maupun praktisi. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kecenderungan dari sebagian guru (saya katakan masih sebagian, belum semuanya), untuk berupaya menerapkan berbagai model pembelajaran yang mutakhir atau kita sebut saja model pembelajaran inovatif di sekolahnya masing-masing, menggantikan model-model pembelajaran konvensional. Tentunya dengan harapan dapat memberikan efektivitas yang tinggi terhadap proses dan pencapaian hasil belajar siswa. Demikian juga, di kalangan mahasiswa, khususnya yang menggeluti bidang pendidikan, belakangan ini mulai muncul semacam kegairahan untuk mengkaji dan meneliti tentang sejauhmana efektivitas penggunaan model-model pembelajaran inovatif.

Hanya sangat disayangkan, kegairahan untuk menerapkan dan meneliti model-model pembelajaran mutakhir ini tampaknya belum diikuti oleh ketersediaan buku-buku yang mengupas secara lengkap dan tuntas dari masing-masing model pembelajaran inovatif tersebut. Memang, di toko-toko buku tertentu kita bisa mendapatkan beberapa buku yang membahas tentang model-model pembelajaran inovatif, tetapi isinya cenderung hanya sebagian kecil saja dari model-model pembelajaran inovatif yang sedang dikembangkan saat ini.

Sebagaimana dimaklumi, saat ini kita ditawari dengan aneka model pembelajaran inovatif yang jumlahnya sangat banyak untuk dapat dipraktikkan oleh para guru di lapangan. Bagi para guru (termasuk saya), informasi tentang model-model pembelajaran inovatif ini pada umumnya diperoleh melalui berbagai pelatihan yang diikutinya, yang tentunya hanya bersifat garis besarnya saja, tidak dalam bentuk kajian yang mendalam. Manakala mereka harus melakukan Penelitian Tindakan Kelas, yang didalamnya disyaratkan adanya kerangka teori yang melandasinya, mereka mengalami kesulitan untuk mengelaborasi teori tersebut, karena memang kurang  tersedia buku yang mendukungnya.

Kesulitan mengelaborasi teori yang melandasi model-model pembelajaran ini juga tampaknya banyak dialami oleh para mahasiswa yang hendak meneliti tingkat efektivitas penggunaan model pembelajaran inovatif tertentu, khususnya ketika mereka sedang menyelesaikan karya tulis dalam rangka penyelesaian studinya. Mereka pada umumnya memperoleh informasi tentang model-model pembelajaran ini dengan mengandalkan dari internet, yang juga cenderung bersifat elementer dan parsial.

Kelangkaan buku-buku model pembelajaran inovatif ini mudah-mudahan saja diinsyafi oleh Depdiknas, sehingga dengan anggaran pendidikan mencapai 20%, Depdiknas ke depannya sanggup menyediakan kebutuhan buku-buku tersebut, yang dapat diakses secara gratis atau murah oleh para guru dan siapa pun yang berminat mempraktikkan dan mendalami model-model pembelajaran yang inovatif ini. Semoga!

============

Materi terkait:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran dalam Paradigma Baru
  2. Mengatasi Masalah Siswa Melalui Layanan
  3. Menjadi Guru Berkarakter
  4. Model Pendidikan Karakter
  5. Model dan Metode Pembelajaran Inovatif 

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
61 comments on “Buku – Buku tentang Model Pembelajaran Inovatif Ternyata Masih Langka 
  1. siska mengatakan:

    ass. pa mohon bantuanya saya kesulitan mencari buku model pembelajaran generatif, untuk skripsi. saya minta infonya harus beli d mana n judulnya apa. ? mohon balasnnya. terimakasih

  2. siska mengatakan:

    ass. pa mohon bantuanya saya kesulitan mencari buku model pembelajaran generatif, saya minta infonya harus beli d mana n judulnya apa. terimakasih

  3. renasih mengatakan:

    pak ada buku model pemebelajaran think explain apply dan model SSCS ???

  4. Anonymous mengatakan:

    Selamat pagi pak, buku tentang model pembelajaran think explain apply dan sscs ad???

  5. Rasid maulana sidiq mengatakan:

    Buku pembelajaran Inovatif memang belum ada.kalau saja Diknas menyelenggarakan lomba menulis buku pelajaran berbasis pembelajaran Inovatif diselenggarakan saya yakin apa yang bapak harapkan terbentuknya buku pembelajaran inovatis akan terwujud.

  6. Anonymous mengatakan:

    assalamualaikum,pak mau bertanya..buku yang berisi tentang strategi pembelajaran example non example apakah ada? tolong jawabannya ya pak, trimakasih
    , kirim ke email:rzuma43@yahoo.co.id..

  7. budi hapy mengatakan:

    mas daftar isi blog dibuat se[eti di sebelah kanan berupa daftar artikel kita tinggal ngeklik jika seperti ini terlalu panjang pusing nih trims senbelumnya isi blog sangat2 bermanfaat.kalu hotel bintang 5

  8. efi eka mengatakan:

    Ass.. Pak mau tanya buku yang menerangkan tentang pembelajaran generatif nama bukunya apa ? terus belinya dimana?

  9. nurmala mengatakan:

    pak saya mau nanya ni,
    ada gak bapak tau tentang buku yang membahas pmbelajaran kooperatif yang didalamnya membahas maka amatch

  10. iwan mengatakan:

    PAK buku yang judulnya tentang model pembelajran generatif ada ???

Komentar ditutup.