10 Megatrend tentang Belajar

Dalam satu kesempatan pelatihan pengawas sekolah, Endang Abutarya (2007) mengetengahkan tentang 10 megatrend tentang belajar untuk saat ini dan ke depannya. Kesepuluh trend tersebut adalah:  (1) belajar melalui kehidupan kita; (2) belajar dalam organisasi, institusi, asosiasi, jaringan; (3) belajar berfokus pada kebutuhan nyata; (4) belajar dengan seluruh kemampuan otak; (5) belajar bersama; (6) belajar melalui multi media, teknologi, format, dan gaya; (7) belajar langsung dari berpikir; (8) belajar melalui pengajaran/pembelajaran; (9) belajar melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat untuk membantu belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar; dan (10) belajar bagaimana belajar.

Sementara itu, terkait dengan proses pembelajaran, bahwa dalam pembelajaran harus dapat: (1) meningkatkan pemahaman dan memperbaiki proses belajar; (2) mendorong prakarsa belajar siswa; (3) mempreskripsikan strategi yang optimal; (4) kondisi membelajarkan siswa secara simultan; (5) memudahkan proses internal yang belajar; dan (6) menjadikan belajar lebih efektif, efisien, dan menarik. Pada kesempatan pelatihan ini Endang Abutarya menjelaskan pula tentang tiga teori belajar utama: (1) behaviorisme; (2) kognitivisme, dan (3) konstruktivisme.

Selengkapnya, materi yang disajikan oleh Endang Abutarya tersebut dapat dilihat dalam tautan berikut ini:

Belajar dan Pembelajaran

===========

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam PEMBELAJARAN
22 comments on “10 Megatrend tentang Belajar
  1. fitri mengatakan:

    jazkumullah Pak Akhmad, fitri sangat terbantu oleh blog ini. fitri mendapatkan banyak informasi yang fitri butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah fitri.
    Pak, fitri sedang belajar mengajar, tapi fitri belum menemukan solusi dalam mengajar untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi anak-anak, fittri diberi amanat mengajar kelas dua tentunya dengan pembelajaran tematik, RPP yang ada belum dapat memberikan gambaran yang jelas untuk fitri karena RPP tersebut dibuat untuk 2-3 minggu pertemuan. Bila bapak punya solusi, fitri akan sangat senang sekali untuk mempelajarinya.

  2. pak krit jogja mengatakan:

    PAK AKHMAD, TERIMAKASIH BANYAK ATAS TULISAN-TULISAN BAPAK. SANGAT MEMBANTU BANYAK PIHAK TERMASUK SAYA DAN ISTRI YANG SENANG BELAJAR SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.446 pengikut lainnya.