10 Megatrend tentang Belajar

Dalam satu kesempatan pelatihan pengawas sekolah, Endang Abutarya (2007) mengetengahkan tentang 10 megatrend tentang belajar untuk saat ini dan ke depannya. Kesepuluh trend tersebut adalah:  (1) belajar melalui kehidupan kita; (2) belajar dalam organisasi, institusi, asosiasi, jaringan; (3) belajar berfokus pada kebutuhan nyata; (4) belajar dengan seluruh kemampuan otak; (5) belajar bersama; (6) belajar melalui multi media, teknologi, format, dan gaya; (7) belajar langsung dari berpikir; (8) belajar melalui pengajaran/pembelajaran; (9) belajar melalui sistem pendidikan kita yang akan berubah cepat untuk membantu belajar sepanjang hayat dan masyarakat belajar; dan (10) belajar bagaimana belajar.

Sementara itu, terkait dengan proses pembelajaran, bahwa dalam pembelajaran harus dapat: (1) meningkatkan pemahaman dan memperbaiki proses belajar; (2) mendorong prakarsa belajar siswa; (3) mempreskripsikan strategi yang optimal; (4) kondisi membelajarkan siswa secara simultan; (5) memudahkan proses internal yang belajar; dan (6) menjadikan belajar lebih efektif, efisien, dan menarik. Pada kesempatan pelatihan ini Endang Abutarya menjelaskan pula tentang tiga teori belajar utama: (1) behaviorisme; (2) kognitivisme, dan (3) konstruktivisme.

Selengkapnya, materi yang disajikan oleh Endang Abutarya tersebut dapat dilihat dalam tautan berikut ini:

Belajar dan Pembelajaran

===========

Materi terkait:

  1. Peran Pendidikan Menuju Bangsa Yang Bermartabat
  2. 9 Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
  3. Pendidikan dari Jaman ke Jaman
  4. Pembelajaran Behaviorisme dan Konstruktivisme

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , , , , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
22 comments on “10 Megatrend tentang Belajar
  1. fitri mengatakan:

    jazkumullah Pak Akhmad, fitri sangat terbantu oleh blog ini. fitri mendapatkan banyak informasi yang fitri butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah fitri.
    Pak, fitri sedang belajar mengajar, tapi fitri belum menemukan solusi dalam mengajar untuk menyajikan pembelajaran yang menarik bagi anak-anak, fittri diberi amanat mengajar kelas dua tentunya dengan pembelajaran tematik, RPP yang ada belum dapat memberikan gambaran yang jelas untuk fitri karena RPP tersebut dibuat untuk 2-3 minggu pertemuan. Bila bapak punya solusi, fitri akan sangat senang sekali untuk mempelajarinya.

  2. pak krit jogja mengatakan:

    PAK AKHMAD, TERIMAKASIH BANYAK ATAS TULISAN-TULISAN BAPAK. SANGAT MEMBANTU BANYAK PIHAK TERMASUK SAYA DAN ISTRI YANG SENANG BELAJAR SEPUTAR DUNIA PENDIDIKAN.

Komentar ditutup.