Bidang Bimbingan dan Konseling

Bidang Bimbingan dan Konseling: Terdapat empat bidang bimbingan dan konseling yang menjadi ruang lingkup pelayanan. Keempat bidang tersebut adalah…..

Terdapat empat bidang bimbingan dan konseling yang menjadi ruang lingkup pelayanan. Keempat bidang tersebut adalah:

  1. Bidang Pengembangan Kehidupan Pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik.
  2. Bidang Pengembangan Kehidupan Sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.
  3. Bidang Pengembangan Kemampuan Belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri.
  4. Bidang Pengembangan Karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

Dalam praktiknya, keempat bidang Bimbingan dan Konseling tersebut seyogyanya dapat diberikan kepada peserta didik, melalui berbagai jenis layanan Bimbingan dan Konseling yang tersedia. Dengan demikian, upaya pelayanan Bimbingan dan Konseling tidak hanya terfokus pada satu bidang layanan.

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

4 tanggapan untuk “Bidang Bimbingan dan Konseling”

  1. Tolong diberikan ilustrasi kasus pada masing-masing bidang layanan BK. terimakasih

  2. Tolong jelaskan uraian umum tentang ruang lingkup bimbingan konseling…
    dan apa saja kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan bimbingan konseling…
    terima kasih..

  3. Tolong dijelaskan tambahan bidang bimbingan tentang ketakwaan terhadap Tuhan yang maha esa.

Komentar ditutup.