Pengembangan Aktivitas, Kreativitas dan Motivasi  Siswa

Dengan mengutip pemikiran Gibbs, E. Mulyasa (2003) mengemukakan hal-hal yang perlu dilakukan agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajarnya, adalah:

  1. Dikembangkannya rasa percaya diri para siswa dan mengurangi rasa takut;
  2. Memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk berkomunikasi ilmiah  secara bebas terarah;
  3. Melibatkan siswa dalam menentukan tujuan belajar dan evaluasinya;
  4. Memberikan pengawasan yang tidak terlalu ketat dan tidak otoriter;
  5. Melibatkan mereka secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran secara keseluruhan.

Sementara itu, Widada (1994) mengemukakan bahwa untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa, guru dapat menggunakan pendekatan sebagai berikut :

  1. Self esteem approach; guru memperhatikan pengembangan self esteem (kesadaran akan harga diri) siswa.
  2. Creative approach; guru mengembangkan problem solving, brain storming, inquiry, dan role playing.
  3. Value clarification and moral development approach; guru mengembangkan pembelajaran dengan pendekatan holistik dan humanistik untuk mengembangkan segenap potensi siswa menuju tercapainya self actualization, dalam situasi ini pengembangan intelektual siswa akan mengiringi pengembangan seluruh aspek kepribadian siswa, termasuk dalam hal etik dan moral.
  4. Multiple talent approach; guru mengupayakan pengembangan seluruh potensi siswa untuk membangun self concept yang menunjang kesehatan mental.
  5. Inquiry approach; guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan proses mental dalam menemukan konsep atau prinsip ilmiah serta meningkatkan potensi intelektualnya.
  6. Pictorial riddle approach; guru mengembangkan metode untuk mengembangkan motivasi dan minat siswa dalam diskusi kelompok kecil guna membantu meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif.
  7. Synetics approach; guru lebih memusatkan perhatian pada kompetensi siswa untuk mengembangkan berbagai bentuk metaphor untuk membuka inteligensinya dan mengembangkan kreativitasnya. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan kegiatan yang tidak rasional, kemudian berkembang menuju penemuan dan pemecahan masalah secara rasional.

Sedangkan untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, menurut E. Mulyasa (2003) perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa siswa akan belajar lebih giat apabila topik yang dipelajarinya menarik dan berguna bagi dirinya;
  2. Tujuan pembelajaran harus disusun dengan jelas dan diinformasikan kepada siswa sehingga mereka mengetahui tujuan belajar yang hendak dicapai. Siswa juga dilibatkan dalam penyusunan tersebut;
  3. Siswa harus selalu diberitahu tentang hasil belajarnya;
  4. Pemberian pujian dan hadiah lebih baik daripada hukuman, namun sewaktu-waktu hukuman juga diperlukan;
  5. Manfaatkan sikap-sikap, cita-cita dan rasa ingin tahu siswa;
  6. Usahakan untuk memperhatikan perbedaan individual siswa, seperti : perbedaan kemampuan, latar belakang dan sikap terhadap sekolah atau subyek tertentu;
  7. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan jalan memperhatikan kondisi fisiknya, rasa aman, menunjukkan bahwa guru peduli terhadap mereka, mengatur pengalaman belajar sedemikian rupa sehingga siswa memperoleh kepuasan dan penghargaan, serta mengarahkan pengalaman belajar kearah keberhasilan, sehingga mencapai prestasi dan mempunyai kepercayaan diri.

[ AKHMAD SUDRAJAT adalah seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam PEMBELAJARAN, PSIKOLOGI
30 comments on “Pengembangan Aktivitas, Kreativitas dan Motivasi  Siswa
  1. Siti Fatonah mengatakan:

    akan sulit membangun kreativitas siswa, jika gurunya tidak kreatif. membangun kreativitas harus dimulai dari guru itu sendiri

  2. sri endang widyastuti mengatakan:

    Terimakasih banyak Pak, atas ilmunya mohon izin mengcopi ya pak,Jazakallahukhoiron katsiro,

  3. qq mengatakan:

    izin copas.. trims

  4. wening mengatakan:

    thank u…bisa buat masukan n…mohon izin co pas….yah…

  5. mia mengatakan:

    memank perkembangan kreativitas peserta didik sangat perlu untuk di pelajari , krn tdk smua pengajar mengerti akn kiat2 dr kreativitas peserta didik nya. tp bg para pendidik seharusnya merespon apa yang bs dieksplore oleh pesrta didik nya melalui dari cara bagaimana si pendidik memanage situasi sehingga mmbt peserta didik mnjd lbh kreativ, inovativ dan produktif.

  6. Tgk. Fakhrur Ramadhan mengatakan:

    memang sudah seharusnya guru dapat melayani anak didiknya dengan memahami kebutuhan si anak didik. Anak didik dapat lebih kreatif dalam mengambil sikap tergantung dari cara pendidikan yang didapat di lingkungan sekolah. Tak semua peserta didik dapat memahami maksud gurunya, jika pendidik bisa memahami intisari pernyataan di atas

  7. ika fitri rahayu mengatakan:

    referensi tentang pictoriaal riddle apa yaach?

  8. tuty mengatakan:

    terimakasih informasinya sangat berguna bagi saya dalam studu saya melakukan penelitian tentang kreativitas anak/ siswa disekolah

  9. deep yudha mengatakan:

    Wah kalau setiap guru di tiap sekolah sudah dapat melaksanakan proses Pengembangan Aktivitas, Kreativitas dan Motivasi Siswa ini dengan baik apakah di dalam maupun di luar kelas dapat dibayangkan hasilnya !. Memang tidak mudah seperti nampaknya karena dibutuhkan komitmen yang tinggi serta niat yang tulus ikhlas, sebab pasti banyak tantangannya terutama bagi gru di tempat / di daerah terpencil dengan segala keterbatasan fasilitas dan latar belakang siswa yang beragam . Tapi mudah2an dengan tekad kuat yang kuat agar dapat berbuat yang terbaik untuk para peserta didik calon pemimpin masa depan yang berkualitas, segala keterbatasan bisa diatasi. Semoga….hatur nuhun Kang….

  10. mawardi mengatakan:

    di buku mana bisa saya dapatkan literaturnya

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 13.446 pengikut lainnya.