Apa yang Harus Diketahui dan Dilakukan Guru?

Merujuk pada pendapat National Board for Profesional Teaching Skill (2002)  berikut ini disajikan 5 hal penting tentang apa yang harus diketahui dan dilakukan seorang guru:

  1. Guru memiliki komitmen terhadap siswa dan proses belajarnya: (a) penghargaan guru terhadap perbedaan individual siswa, (b) pemahaman guru tentang perkembangan belajar siswa, (c) perlakuan guru terhadap seluruh siswa secara adil, dan (d) misi guru dalam memperluas cakrawala berfikir siswa.
  2. Guru memahami materi pelajaran dan bagaimana menbelajarkannya kepada siswa: (a) apresiasi guru tentang pemahaman materi mata pelajaran untuk dikreasikan, disusun dan dihubungkan dengan mata pelajaran lain, (b) kemampuan guru untuk menyampaikan materi pelajaran (c) mengembangkan usaha untuk memperoleh pengetahuan dengan berbagai cara (multiple path).
  3. Guru bertanggung jawab dalam mengelola dan memonitor pembelajaran siswa: (a) penggunaan berbagai metode dalam pencapaian tujuan pembelajaran, (b) menyusun proses pembelajaran dalam berbagai setting kelompok (group setting), kemampuan untuk memberikan ganjaran (reward) atas keberhasilan siswa, (c) menilai kemajuan siswa secara teratur, dan (d) kesadaran akan tujuan utama pembelajaran.
  4. Guru dapat berfikir sistematis tentang pratitik pembelajaran yang dilakukannya dan berusaha belajar dari pengalaman: (a) Guru secara terus menerus menguji diri untuk memilih keputusan-keputusan terbaik, (b) guru meminta saran dari pihak lain dan melakukan berbagai riset tentang pendidikan untuk meningkatkan praktik pembelajaran.
  5. Guru menjadi anggota komunitas belajar: (a) guru memberikan kontribusi terhadap efektivitas sekolah melalui kolaborasi dengan kalangan profesional lainnya, (b) guru bekerja sama dengan tua orang siswa, (c) guru dapat menarik keuntungan dari berbagai sumber daya masyarakat.

===========

sumber : adaptasi dari http://nbpts.org

Refleksi untuk Anda:

Bagaimana kondisi nyata kemampuan guru di Indonesia dikaitkan dengan kelima proposisi di atas?

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Tagged with: , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
4 comments on “Apa yang Harus Diketahui dan Dilakukan Guru?
  1. harjo prayitno mengatakan:

    guru hrs mau tidak mau dituntut mempunyai minimal 5 kmpeensi tsb, tapi banyak guru yg asal mengajar tidak mempehatikan kompeensinya, datang tancap gas tidak tau arah tujuan pembelajaran siswa diajak kemana. istilahnya mara jejek urusan tercapai atau tidak gak penting, penting jam isstirahat istirahat jam pulang ya pulang

  2. soewardy mengatakan:

    Sebenarnya , seorang guru yang punya latar pendidikan keguruan sudah memehami bagai 10 kompetensi dasar guru yang profesional,dan ini juga sebagian sudah dilaksanakan oleh guru yang punya tanggungjawab terhadap anak bangsa ke depan. Dan belum/tidak melaksanakan mungkin karena sikon yang tidak memihak trehadap guru tsb. klw tidak mau melaksanakan konsep tersebut yaaa pensiun aja deh jadi guru. wslm

  3. endangsetiyaningsih mengatakan:

    I wish all the teacher read your writing and blog. So, they can enlarge their knowledge about how to be a real teacher. Seandaianya semua guru punya kesempatan dan waktu untuk sekedar mendulang ilmu dari artikel Bapak. Pasti kualitas pembelajaran di kelas kita akan semakin efektif dan efisien alias bisa mencapai target dan sasaran alias murid-muridnya manggut-manggut tanda paham…………….. Kapan itu terjadi….
    Seorang guru Yang concern banget terhadap kompetensi guru kita…….

  4. Suhadinet mengatakan:

    Kalau liat kelima macam kompetensi tsb, guru memang harus memilikinya. Cuma sayangnya guru-guru kita banyak yang belum memenuhi kelima kompetensi standar tsb.

Komentar ditutup.