Buku-Buku tentang Model Pembelajaran Inovatif Ternyata Masih Langka 

Buku – Buku tentang Model Pembelajaran Inovatif Ternyata Masih Langka : Upaya pemerintah untuk mereformasi sistem pembelajaran di sekolah tampaknya telah ….

Upaya pemerintah untuk mereformasi sistem pembelajaran di sekolah tampaknya telah mendapat respons positif pada sebagian akademisi maupun praktisi. Hal ini bisa dilihat dengan adanya kecenderungan dari sebagian guru (saya katakan masih sebagian, belum semuanya), untuk berupaya menerapkan berbagai model pembelajaran yang mutakhir atau kita sebut saja model pembelajaran inovatif di sekolahnya masing-masing, menggantikan model-model pembelajaran konvensional. Tentunya dengan harapan dapat memberikan efektivitas yang tinggi terhadap proses dan pencapaian hasil belajar siswa. Demikian juga, di kalangan mahasiswa, khususnya yang menggeluti bidang pendidikan, belakangan ini mulai muncul semacam kegairahan untuk mengkaji dan meneliti tentang sejauhmana efektivitas penggunaan model-model pembelajaran inovatif.

Hanya sangat disayangkan, kegairahan untuk menerapkan dan meneliti model-model pembelajaran mutakhir ini tampaknya belum diikuti oleh ketersediaan buku-buku yang mengupas secara lengkap dan tuntas dari masing-masing model pembelajaran inovatif tersebut. Memang, di toko-toko buku tertentu kita bisa mendapatkan beberapa buku yang membahas tentang model-model pembelajaran inovatif, tetapi isinya cenderung hanya sebagian kecil saja dari model-model pembelajaran inovatif yang sedang dikembangkan saat ini.

Sebagaimana dimaklumi, saat ini kita ditawari dengan aneka model pembelajaran inovatif yang jumlahnya sangat banyak untuk dapat dipraktikkan oleh para guru di lapangan. Bagi para guru (termasuk saya), informasi tentang model-model pembelajaran inovatif ini pada umumnya diperoleh melalui berbagai pelatihan yang diikutinya, yang tentunya hanya bersifat garis besarnya saja, tidak dalam bentuk kajian yang mendalam. Manakala mereka harus melakukan Penelitian Tindakan Kelas, yang didalamnya disyaratkan adanya kerangka teori yang melandasinya, mereka mengalami kesulitan untuk mengelaborasi teori tersebut, karena memang kurang  tersedia buku yang mendukungnya.

Kesulitan mengelaborasi teori yang melandasi model-model pembelajaran ini juga tampaknya banyak dialami oleh para mahasiswa yang hendak meneliti tingkat efektivitas penggunaan model pembelajaran inovatif tertentu, khususnya ketika mereka sedang menyelesaikan karya tulis dalam rangka penyelesaian studinya. Mereka pada umumnya memperoleh informasi tentang model-model pembelajaran ini dengan mengandalkan dari internet, yang juga cenderung bersifat elementer dan parsial.

Kelangkaan buku-buku model pembelajaran inovatif ini mudah-mudahan saja diinsyafi oleh Depdiknas, sehingga dengan anggaran pendidikan mencapai 20%, Depdiknas ke depannya sanggup menyediakan kebutuhan buku-buku tersebut, yang dapat diakses secara gratis atau murah oleh para guru dan siapa pun yang berminat mempraktikkan dan mendalami model-model pembelajaran yang inovatif ini. Semoga!

============

Penulis: AKHMAD SUDRAJAT

[Ayah dari dua orang puteri: Ditta Nisa Rofa dan Nourma Fitria Sabila]

61 tanggapan untuk “Buku-Buku tentang Model Pembelajaran Inovatif Ternyata Masih Langka ”

  1. Untuk mendapatkan buku model model pembelajaran inovatif, bisa menghubungi saya di tokobukubandung.com

Komentar ditutup.