Alat Ungkap Masalah Siswa (AUM)

Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru bimbingan dan konseling (konselor) adalah memahami konseli secara mendalam, termasuk didalamnya adalah memahami kemungkinan-kemungkinan masalah yang dihadapi konseli. Melalui pemahaman yang adekuat tentang masalah-masalah yang dihadapi konseli, seorang konselor selanjutnya dapat menentukan program layanan bimbingan dan konseling, baik yang bersifat preventif, pengembangan maupun kuratif, sehingga pada gilirannya diharapkan upaya pemberian layanan dapat berjalan lebih efektif.

Tentunya banyak cara untuk memahami masalah-masalah yang dihadapi oleh konseli dan salah satunya dapat dilakukan melalui penggunaan Alat Ungkap Masalah atau biasa disebut AUM. Alat Ungkap Masalah adalah sebuah instrumen standar yang dikembangkan oleh Prayitno, dkk. yang dapat digunakan dalam rangka memahami dan memperkirakan (bukan memastikan) masalah-masalah yang dihadapi konseli. Alat Ungkap Masalah ini didesain untuk mengungkap 10 bidang masalah yang mungkin dihadapi konseli, Kesepuluh bidang masalah tersebut mencakup: (1) Jasmani dan Kesehatan (JDK); (2) Diri Pribadi (DPI); (3) Hubungan Sosial (HSO); (4) Ekonomi dan Keuangan (EKD); (5) Karier dan Pekerjaan (KDP); (6) Pendidikan dan Pelajaran (PDP); (7) Agama, Nilai dan Moral (ANM); (8) Hubungan Muda Mudi (HMM); (9) Keadaan dan Hubungan dalam Keluarga (KHK); dan (10) Waktu Senggang (WSG). Jumlah keseluruhan item sebanyak 225.

Untuk kepentingan analisis data, telah disediakan software Aplikasi Program Alat Ungkap Masalah dalam bentuk data base. Melalui analisis data berbasis komputer ini, kita dapat mengakses informasi tentang masalah-masalah yang dihadapi konseli secara individual maupun secara kelompok dengan cepat, mudah dan akurat. Tentunya, setelah dilakukan input data terlebih dahulu.

Sayangnya, Aplikasi Program yang sebagus ini belum bisa dibagikan secara gratis kepada para guru bimbingan dan konseling (konselor) dan jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus memesannya kepada penyedia alat tersebut (vendor). Alat ini dilindungi password yang menurut hemat penulis cenderung “over protection”, karena kesempatan yang diberikan untuk menginstall ke komputer Anda hanya tiga kali, selanjutnya software ini tidak bisa digunakan lagi atau Anda harus menghubungi penyedia yang bersangkutan. Kecuali kalau Anda orang yang memang sangat paham tentang seluk beluk Aplikasi Program Komputer mungkin Anda bisa membongkar password dan pembatasan aplikasi tersebut. Kendati demikian, di beberapa sekolah telah berhasil memanfaatkan teknologi yang satu ini guna menunjang kelancaran, efektivitas dan efisiensi layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Tautan di bawah ini berisi tentang contoh Lembar Jawaban dan Daftar Masalah dari Alat Ungkap Masalah (AUM) untuk Siswa SMA. Anda dapat men-download materi tersebut, dan jangan lupa berikan komentar Anda !

Alat Ungkap Masalah Siswa SMA Klik Disini ! Materi Terkait :

[ AKHMAD SUDRAJAT seorang praktisi pendidikan di Kadugede-Kabupaten Kuningan ]

Dikaitkatakan dengan: , ,
Ditulis dalam PENDIDIKAN
72 comments on “Alat Ungkap Masalah Siswa (AUM)
  1. wahyu mengatakan:

    kenapa pak komentar dan pertanyaan saya kemarin tidak termuat, mohon maaf

  2. SUDIHARTO mengatakan:

    teima kasih pak Akhmad atas AUM nya, saya sdh downlood …. sangat berguna utk para siswa kami…

  3. ARINI mengatakan:

    TRIMAKASIH BAPAK ATAS INFORMASINYA TERUTAMA TENTANG MATERI BK, TP SY BLM BISA MENDOWNLOAD AUM NYA PAK..

  4. azimah mengatakan:

    ada ga c AUM buat SMP?
    klo ada mana contoh aum bwt SMP?
    perlu bgt nie…
    thx

  5. agung mengatakan:

    saya bukan berlatar belakang BK pak.. saya mau tanya apakah AUM ada standar umum jumlah pertanyaan dan jenis pertanyaannya ? Kalau ada, boleh minta sumbernya ? dan apakah boleh dikembangkan lebih dari yang standar ?

    Kalau boleh tau apakah link AUM untuk SMA yang bapak cantumkan diatas merupakan sudah standar umum.. ?

    terima kasih pak..

  6. nana mengatakan:

    Pak Ahmad kalo berkenan saya bisa minta tolong supaya AUMnya di kirim ke email saya? Karena saya susah untuk download. Gak berhasil pak udah 3 mingguan saya coba tapi gak pernah bisa… Nuwun..

  7. Cucu Sutisna mengatakan:

    Saya lagi kuliah S2 di Jurusan Bimbingan dan Konseling. Salah satu mata kuliahnya adalah Inovasi dalam Bimbingan dan Konseling, dosennya Prof. Dr. Ahman. Kebetulan tadi siang saya dan teman-teman presentasi tentang peranan ICT dalam assesment BK. Saya menunjukkan bagaimana pengolahan AUM yang praktis dan lebih cepat dengan menggunakan Excel. Bagi teman-teman Guru Bimbingan dan Konseling yang berminat boleh sharing. Terima kasih.

  8. Cucu Sutisna mengatakan:

    Perkenalkan saya guru Bimbingan dan Konseling di SMA Plus Muthahhari Bandung. Terima kasih atas usaha-usaha Pak Akhmad untuk memajukan pendidikan, khususnya Bimbingan dan Konseling. Sedikit pertanyaan atas AUM yang Bapak berikan, kalau boleh tahu Bapak menyadurnya darimana? Setahu saya AUM yang pernah disadur oleh Prof. Rochman Natawijaya dari Mooney Problem Chkelist itemnya berjumlah 330. Terima kasih.

  9. SRI WIDIYASTUTI mengatakan:

    kayaknya sy juga butuh deh softwarenya, thanx

  10. ratna mengatakan:

    terima kasih pak, saya udah berhasil mendownload file nya, saya terharu karena ternyata masih ada didunia ini orang yg mau berbagi. semoga bertambah jaya trus ya pak….

    oh ya saya guru bk baru nih, sedang mencari perangkat2 pendukung bahan ajar bk…. bisa bantu pak???? sebab saya udah coba cari ke sekolah2 disekitar kota saya tp blm dpt alias mrk mgkn siap utk berbagi…. tolong saya pak sebab kebetulan di smp saya banyak sekali masalah anak2nya.

berkunjung, berfikir dan berkomentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s